nhk

Nih, Cafe Racer dari Eropa Tengah, Rapih dan Mesin Sudah Upgrade

suzuki-caferacer-polandia

ManiakMotor – Ada yang tahu model Cafe Racer berasal dari mana? Dari Inggris, bro.Tapi, tren modifikasinya sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Termasuk Suzuki GS550E tahun 1979 karya Lukas dan Sylwester dengan rumah modifikasinya Eastern Sipirit Garage. Tebak lagi, yuk! Dari mana asal kedua orang itu.

Lukas dan Sylwester bukan baru pertama garap ala cafe racer. Sebelumnya sudah pernah merombak Suzuki GS750. Menariknya, bahasa Inggris mereka jelek, namun jari tangannya begitu lancar berbicara bahasa internasional itu lewat bagian per bagian dari motor yang berusia 35 tahun. Karya keduanya dinilai mendekati kesempurnaan.

Suzuki GS550 itu dibeli dari seorang teman yang sudah ‘hang up’. Dengan barang sudah di tangan, Sylwester pun bikin daftar. Intinya, bikin vintage namun terlihat sporty. Pilihan pun jatuh pada cafe racer, berarti menurunkan bobot motor dengan  membuang banyak bagian dan menjaga keseimbangan visual dengan tepat.

Jika bagian bodi sudah banyak dibuang, pengerjaan selanjutnya sasis. Biasanya ada yang dipotong, dibengkokkan sampai di las. Kemudian tangki dirancang ulang mengikuti nafas cafe racer, terutama dekat ujung jok depan dibikin dekok. Sedang jok, khusus belakang ada sandaran kecil sebagai penahan pantat.

Mesin masih bagus, tapi Sylwester merasa perlu memodifikasi. Semua gasket, katanya diganti, termasuk rings piston dan kepala silinder dipoles. Lalu, bearing, kabel, dan gasket semuanya baru. Sistem pengapian elektronik baru, begitu juga dengan wiring.

Agar mengimbangi tampilan bodi dan mesin yang rapi, suspeni dan sistem pengereman ikut di upgrade. Seperti kaliper Tokico yang diambil dari Kawasaki ZZR600 ke floating dics model terbaru GS. 

Per (pegas) depan diganti. Sok standar belakang dibuang dan dipasangi milik Triumph Bonneville. Trus, pijakan kaki diubah agak mundur karena memang tidak ada pijakan kaki buat pembonceng. Muffler knlapot dari stainless steel yang didalamnya terdapat peredam suara (dB). Hasilnya, rapi! Oh, ya lupa dari mana asal  kedua modifikator tersebut. Jawabnya, Polandia. Maliq 

BACA JUGA 

Modifikasi : Yamaha RX-135K Dari Negeri Jiran, Poles Sedikit, Ciamik! 

Modifikasi Nouvo Z: Punya Speksifikasi Juara, Pakai Sokbreker Ohlins 

Modifikasi : Satria Pakai Turbo dan Model Trail dari Suzuki, Silakan Contek! 

Modifikasi: Yamaha Scorpio Street Fighter, Warna Candy Pink Ada Maksudnya

BAGIKAN