nhk

Nih, Calon Skutik Hybrid TVS, Bensin Irit 30%, Digerakkan Dua Mesin

TVS, Cube, Hibrida

ManiakMotor – Mobil bertenaga hybrid sudah banyak, tapi kalo sepeda motor sangat jarang sekali. Bahkan, mungkin belum ada sampai dipasarkan seperti Toyota dan Honda pada roda empat. TVS Motor Co, produsen sepeda motor India sudah mempersiapkan sejak lama dan telah mendapatkan hak paten roda dua hibrida.

Ketika di ajang Dehli Auto Expo pada 2010, TVS telah memperkenalkan konsep Qube bertenaga hibrida. Saat itu, motor diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai 30%. Patennya sendiri dengan aplikasi motor penggerak melalui kedua roda dengan hub-mounted sudah diajukan sejak 2008.

Indikator hybrid pada Cube

Walau detail teknologi hibrida TVS masih rahasia, intinya sistem hibrida tidak mengusik bagian transmisi gerak. Malah diklaim telah meningkatkan efisiensi tenaga bersih transmisi.

Mungkin ada yang penasaran seperti apa teknologinya. Versi pertama, masih pake nama konsep Cube menggunakan motor listrik membantu mesin 4-Tak yang berasal dari Scooty Pep+. Jadi, saat melaju di bawah 60 km/jam bisa pergunakan hibrida. Dan jika kecepatan melewati batas otomatis beralih ke mesin konvensional.

Trus, konsep kedua dipamerkan pada 2009 menampilkan mesin 109,7 cc yang lebih besar dan lebih kuat bekerjasama dengan motor listriknya yang dipasang di hub. Suplai tenaga listrik mengandalkan baterai lithium ion dan kecepatan maksimum 75 km/jam. Wuih…tinggi juga.

Prinsipnya, sistem hibrida yang dikembangkan TVS pada skutik ini punya dua keuntungan. Mengurangi emisi karbon sampai 30% dan irit bahan bakar 30%. Hanya, belum ada tanda kapan masuk jalur produksi. Sabar, ya. Maliq

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353