nhk

Nih, Scramble Sejati dari Ducati, Siap Terabas Medan Off-road

Ducati,scramble,0ff-road

ManiakMotor – Sebenarnya, Ducati sudah punya model Scrambler seperti BMW dan merek lainnya. Hanya, kehadiran motor tersebut tidak menerjang jalan off-road, ya jalanan yang tanah campur kerikil kecil lah. Nah, produsen motor Italia itu menyodorkan Ducati Scrambler Desert Sled. Murni untuk medan off-road dan tampilannya 11-12 sama Scramble jalanan.

Ducati, scramble, suspensi
Bagian belakang dibikin lebih kekar. Lengan ayun dipanjangi dan suspensi punya long travel

Ducati membangun Scrambler off-road ini sebagai kelas satu di keluar scramble pabrikan Italia itu. Perhatian bagian suspensi sudah menggunakan Kayaba (KYB) dan kerangka diperkuat lagi. Garpu depan standar 41 mm yang non-adjustable ditukar dengan ukuran 46 mm lebih kekar dan bisa disetel preload, rebound dan kompresi.

Ducati, scramble, indikator
Setang lebar dan sudah pakai gaas sponstan. Indikator di sebelah kanan

Sementara suspensi belakang dipasang KYB aluminium dengan piston Hefner. Preload dan rebound bisa disesuaikan. Pokoknya, sok depan dan belakang punya long travel 200 mm yang bisa disetel khusus jalan tanah.

Masih ada lagi. Lengan ayun yang langsung ke kerangka (bukan ke mesin diperkuat) diperpanjang. Tujuannya, agar sektor belakang lebih kuat dan keras, juga mendapat kestabilan maksimal. Untuk mengurangi laju roda belakang, sistem rem dilengkapi dengan ABS. Seedang depan Brembo dengan 4 kaliper.

Kedua roda, terutama depan dipasangi pelek 19″. Ukuran ini lebih besar dari scramble sebelumnya. Kedua pelek dibungkus sama ban Pirelli Rally STR yang baru. Ducati mengklaim, respon gasnya sudah melunak dan emisi gas buang sudah memenuhi standar Eropa (Euro4).

Ducati, scramble, tes
Enteng menerjang medan berpasit atau kerikil

Sebagai penggerak, Ducati Scramble Off-Road ini dibekali mesin 803 cc berpendingin udara. Untuk pemilik tubuh 160 cm tidak kesulitan karena tinggi jok 860 mm (20 mm lebih rendah dari scramble sebelumnya). Ya, tongkrongannya gagah sekali. Maliq.

BAGIKAN