nhk

Nih Spek Sproket (Gir) Belakang Alumunium Tipe 7 SSS It’s Racing, Bahan Pesawat Jet Tempur

ManiakMotor – Ada dua tipe SSS It’s Racing sproket atau gir belakang yang dijual PT Trivera distributor SSS. Yakni aluminium yang sangat ringan terkenal di balap motor Indonesia. Ah pokoknya semua kelas balap motor menggunakannya.  Satunya lagi yang baja umumnya digunakan untuk harian, tapi di balap juga mampu.

Nih tiga warna ngetopnya

Yang ringan atau SSS Auminium ini memang bahan dasar buat het tempur (fihter jet). Ringan tapi kuat, “Seri sproket SSS Aluminium didesain dengan lightening holes. Rumus ini untuk mengurangi bobot pada sproket. Terbuat dari aluminium 7075-T6 yang digunakan juga untuk manufaktur fighter jet,” sebut Hanky Kurniawan, bos Trivera yang mengedarkan rantai ini di Indonesia.

You mau tahu kekuatannya? Nih dibocorin. Bisa jadi pembanding saja, kelas kejurnas sport 250 cc di IRS yang diisi Yamaha R25, Kawasaki Ninja 250 dan CBR250R menggunakannya. Ssst… tapi ukurannya yang terkecil alias 415 demi mengejar ringannya. Tentu saja pasangannya dengan rantai SSS.

Jenis baja SSS

Normalnya untuk harian motor-motor di atas menggunakan ukuran 520. Apalagi kelas yang dibawahnya rata-rata pakai 415. Itu sekadar gambaran, betapa kuat dan ringnnya gir belakangnya dan rantainya juga.

Rantai ini tersedia ukuran 415, 428 dan 520. Untuk normal bila digunakan pada standar, seperti CBR150 dan R15 atau FU dan Sonic pakai 428, namun memakai 415 juga monggo. Warnanya adalah Gold (kuning), Blue (biru), dan Red (merah).

Ada lagi sproket SSS yang baja. Nah ini agak berat, namun daya tahannya sampai motor mau dijual ulang, nggak bakal diganti, hehe. “Bahannya high carbon steel, didukung teknologi Full Heat Treatment, sproketnya lebih keras,” tambah Hangky pada gir yang ada ukuran 415, 428 dan 520. Warnanya nickel chrome seperti pada foto tersebut.

Untuk depan

Untuk gir depan juga carbon steel. Tapi, SSS mengandalkan teknologi khusus dari Jepang serta penggunaan baja berkualitas tinggi. Sproket depan yang memberikan umur pemakaian yang lebih lama, bahkan untuk pemakaian sproket yang membutuhkan kekuatan yang lebih besar (heavy duty).

Gir ini bisa dikawinkan dengan tipe almu dan baja belakang. Ukuran tersedia sama, ada 415, 428 dan 520. Jumalah mata gir depan adalah 11T, 12T, 13T, 14T, 15T, 16T, 17T, 18T untuk semua merek dan tipe motor. MM

 

BAGIKAN