nhk

Nih Tampang Drag Bike 1960, Mesin 5.700 CC, Karya E.J Potter Masuk Guinness, Coy

EJ Potter, Chevy 350, drgabike
Lucu! Setang masih model di atas

ManiakMotor – Setelah perang dunia kedua, ajang drag bike sudah ada, terutama di Amerika. Malah masuk 1960, ada motor yang dipasangi mesin mobil yang kaspitasnya hampir 5.000 cc berkonvigurasi V8 pula. Menariknya, kisah membangun sampai ikut lomba memakan waktu satu dekade.

Adalah E.J.Potter yang mengejar mimpi membangun motor drag. Ia dijuluki “Michigan Madman”, anak seorang ilmuwan yang tinggal di kota lthaca, Michigan Tengah. Hobi awalnya berkompetisi di trek tanah.

Mesin Chevy V8 Small-Block

Pada 1960, ia memutuskan bikin motor drag dengan meletakkan mesin Chevy V8 ke dalam kerangka yang tampak kaku dabn kasar. Jantung pacu pertama yang digunakan Chevrolet 283 kubik inci setara 4.600 cc lebih. Belum injeksi alias masih karburator. Trus, trasmisi terhubung ke mesin dengan menggunakan rantai.

Langsung mulus kah kerjaannya? tidak juga. Ia sampai menghabiskan sampai enam mesin. Ketika ia tampil dibayar 1 dolar Amerika untuk tiap mil/jam kala itu. Nah, Potter dapat menembus 100 mil/jam. Tapi, kopling buatan sendiri yang dibangun dari teromol rem Harley hanya bisa melesat tertinggi sampai 115 mil/jam dan jebol.

Kurang puas, ia lantas mengganti Chevy 283 dengan yang small-block 350 kubik inci

Transmisi masih pakai teromol Harley, buatan sendiri

(5.700 cc lebih). Kepala aluminium Brodix dengan piston 12 inci, forged piston 12.5 dengan magnet dari Vertex Len Huges. Sistem bahan bakar pun injeksi Hilborn buatan Kinsler. Hasilnya, Potter pun dapat menempuh 135 mph atau 216 km/jam.

Sedikitnya, tujuh mesin yang diberi nama Widowmaker sudah dihabiskannya. Terakhir,  mesin Chevy 500 HP pun pernah dipakainya pada 1973. Untuk jarak 402M dicapai hanya dalam 8,68 detik dengan kecepatan tertinggi 275,2 km/jam. kecepatan yang fantastis itu  membuat nama Potter masuk dalam Guinnes Book of World Records sebagai motor tercepat di dunia.

Dengan motor dragnya itu, Potter melanglang buana dari Amerika, Inggris, Australia, Kanada dan tampil di Festival GoodWood (Inggris). Terakhir ia menunggang karyanya pada 1999. Ia meninggal dunia di usia 71 tahun di kota kelahirannya Ithaca, motor karyanya pun terus berpindah tangan (dijual). Maliq

BAGIKAN