nhk

Ninja TU RC3 SJP33 Modal Nekat (Jakarta), Cebonk Jaya, Ini Rahasianya!

Kawasaki Ninja 155 TU Alvan Cebonk

ManiakMotor- Modifikasi kruk  as  kuncian Ninja TU milik RC3 SJP33 Modal Nekad asal Jakarta ini. Itu bandul diakali agar rpm yang dituju tetap terjangkau. Tambalan kruk as agar kompresi primer dari crank case bisa didapat, tanpa memengaruhi putaran mesin sampai tinggi.

Knalpot Racing Ninja TU
Knalpot andalan Yudha bermerek dirinya sendiri

Karena itu, bukan suatu kebetulan Alvan cebonk (Nganjuk) podium pertama pada AHRS Drag Bike seri 5 (18/9) kemarin di Sport TU 2T 155. Cebonk mencetak 7.407 detik. Itu best time di babak final yang berlangsung malam hari. Juga, brosist sudah tahu kalo kondisi trek licin oleh hujan dan menanjak. Beda cerita di babak penyisihan, Ninja TU korekan Yuda Sanjaya ini bisa cetak 7,202 detik.

Catatan penyisihan itu dianggap belum ideal, lantaran Ninja milik tim Ade Tanoedjya ini langganan 7,0 detik. Itu tadi, lintasan menanjak. “Kruk as-nya masih pakai bawaan motor. Bagian bandul almuniumnya pakai bahan teflon. Bobot kruk as jadi lebih ringan dengan modif teflon ini,”ungkap Kemo, sapaan akrab mekanik yang karyanya juga menyebar di luar Jawa ini.

Bicara kruk-as memang jadi salah satu kelebihan Kemo. Kruk as sendiri komponen yang mengirim momen puntir, agar mesin tetap berotasi pada siklus. “Kalo pakai bandul standart lebih berat, pakai teflon selisihnya 130 gram. Tenaga atas lebih ngitir,” lanjut Yuda.

Bahan teflon yang dimaksud juga bukan semabarang teflon. Bahan teflon langsung diorder dari Jepang.  “Bahan beli jadi, harganya 375 ribu satu set plus ongkos pasang,” sambung Aan dari A2N Tech (Salatiga). Aan adalah mekanik Ninja TU Padi Jaya yang melakukan hal yang sama.

Rahasia lain, ada pada racikan knalpot dengan label Sanjaya Racing,”Jadi ini riset dan produksi sendiri. Diameter tabung 39,8 mm, diameter silincer 25 mm,”urai Kemo yang punya home base di Jogja itu. “Jangan lupa juga cara bawanya. Power gede tapi ban harus tetap ngegrip di trek licin,”ungkap Cebonk yang kata Wiwi Mungil hanya TTM alias Teman Tapi Mesra saja.

Paling penting lagi, ikut dong pada event drag bike yang dibikin maniakmotor.com. Tepatnya pada 12 – 13 November 2016 di Jababeka, Cikarang, Jabar. Nama eventnya Proliner UMA RCB Drag Bike Maniak 201M dengan hadiah yang melimpah. Tuh, hadiah bracket time saja sampai juara 10 dapat. Belum lagi hadiah-hadiah lain yang bisa dilihat pada info di bawah. Ardel

Drag Bike Proliner ManiakMotor.Com

BAGIKAN