nhk

Injeksi Balap IndoPrix, Progres Blade Meningkat

 

ManiakMotor – Injeksi Honda New Blade di balap underbone pernah diberitakan progresnya 50 persen. Motor milik Astra Motor Racing Team (AMRT), kayaknya  lebih dari itu coy. Terutama di sirkuit besar macam Sentul Internasional.  Mapping pengapian katanya sudah mulai konek dengan ECU (engine control unit). Sinyal-sinyal kehidupan mesin mulai bisa digeser-geser lewat program. Tadinya kan diem seribu kata, bro…

 Itu menurut Wawan Hermawan, pembalap yang menggeber New Blade injeksi.  Dia contohkan saat seri ke-3 Indoprix di Sentul, pertengahan Juli 2012. “Di Sentul besar mulai lumayan. Indikasi setting memberi respon pada program komputer,” kata Wawan saat berjumpa dengan maniakmotor.com di Sentul Kecil ketika hadir dalam Honda Racing Scool, baru lalu.

Makanya, Wawan selalu berada di barisan depan saat race-1 dan race-2 IP2 atau bebek 110 cc di Sentul itu. Namun, di pertengahan lomba mesin masih drop. Belum kuat mengikuti kecepatan bebek karburator.  “Dalam riset yang dicari cepatnya dulu. Bila itu didapat, baru daya tahan diperbaiki,” tambah Wawan yang juga karyawan AHM dalam bidang riset tersebut.

AMRT memang tidak menargetkan segera ke depan dalam tahun-tahun pertama. Maklum, Benny Djati utumo sebagai mentor AMRT, sebelumnya berkutat dengan Yamaha.  Bukannya  gagap, tetapi mereka melacak per bagian. Tahun ini adalah tahun pelacakan. Ya, seperti detektif mengendap-endap, jika targetnya telah dekat, baru disergap. Doooor

Ujicoba dan banyak coba-coba dalam bahasa Inggrisnya disebut  trial and error. Dalam percobaan itu, pasti terjadi kesalahan. “Boleh juga disebut eksperimen i  pemecahan masalah. Tapi targetnya di ujung 2012 ini, kecepatan Blade injeksi harus maksimal,” yakin Wawan.

Dalam coba-coba pula pasti butuh waktu, tenaga, otak dan terakhir fulus. Miolo  

BERITA TERKAIT:
HRC Solo, Honda Injeksi Progress 50%
IndoPrix Seri 2, Ini Yang Bikin Ketat…
IndoPrix Seri 3 Sentul, Fisik Kelas Para Raja Bebek..!
IndoPrix Seri 3 Sentul, Point Aburizal Dan Foto Berurut
Modifikasi Honda Blade, Pemenang IndoPrix Kenjeran



BAGIKAN