nhk

Obeng Min Dan Plus Tekiro Tools, Enak Dipegang Kuat Pula Matanya..!

ManiakMotor – Obeng kembang (+) dan obeng pelat (-) dari Tekiro Tools memang asyik dipegang. Mata obengnya juga kuat membuka sekrup yang paling kuat tertanam. Gagang menggunakan bahan kaca campuran plastik mutu tinggi, lalu matanya dari baja pilihan.

Menggunakan tingkatan karet bernutu

Gagang yang dipegang itu disesuaikan dengan struktur tangan orang Indonesia, karena memang dijual di Indonesia. “Semuanya juga telah lewat riset dan pengalaman selama Tekiro memproduksi alat atau tools di Indonesia,” sebut Dodi Sanjaya, PR PT. Altama Surya Anugerah (PT ASA) yang membawahi Tekiro Tools.

Bahan gagang ini macam-macam tergantung kegunaan obengnya. Makin berat kerja obeng, bahan gagangnya meningkat. Yang paling berat misalnya membuka sekrup torsi kuat di bak mesin motor, pakai campuran plastik dan bahan kaca atau disebut sodalime dari silika (SiO2) dan sebagainya adonan kimia penguat untuk durability yang tinggi.

Gagang yang mantap dipegang

Kerja obeng di bawahnya, misalnya membuka sekrup elektronik atau cover-cover motor, dia  punya campuran bahan plastik, “Pelastik ini dari jenis PE, PS dan ABS. Ini pun bertingkat kegunaannya. Yang jelas struktur gagangnya disesuaikan dengan pegangan agar mudah memutar sekrup. Beberapa obeng ditambah dengan plastik jenis TPR,” timpal Tyo dari Product Development  PT ASA.

Sekarang batang obeng dan matanya dari baja. Tingakatan baja yang digunakan, rahasia deh. Nanti ditiru kompetitor bro. Yang pasti bermutu, kuat. Yang jelas nggak ada campuran diamond yang jualnya sangat mahal. Baja atau stainless ini diproses sesuai tingkat kegunaan  mata obeng. Seperti tadi, obeng untuk elektronik dan membuka sekrup bak mesin motor, ya berbeda. Apalagi dengan obeng ketok.

Mata obeng pelat dan kembang atau plus Tekiro dikerjakan dengan presisi dam detil oleh mesin CNC tingkat dunia. “Agar matanya akan pas dengan mata sekrup ukuran internasional. Obeng kami menyesuaikan dengan mata-nya lebih detil, agar saling pegang antara obeng dan sekrup. Seperti kunci-kunci yang lain dari Tekiro, batang obeng kami juga punya kandungan chrome vanadium,” tambah Tyo sembari bilang mata obeng Tekiro dibentuk profile dalam-dalam pada setiap sudut obengnya.

Ujungnya menggunakan magnet

Walau sekrup sangat kuat tertanam dan cenderung melawan, boleh dibuka oleh obeng Tekiro. Namun, mata obeng tak akan terluka dan berubah bentuknya. Hakekatnya chrome vanadium inilah rahasia terhadap permukaan konstruksi mata obeng. Ya terlihat licin tapi kuat dan memiliki grip yang baik pada permukaan sekrup. Hasilnya obeng nggak rusak, sekrup juga utuh saat dibuka.

Sekrup yang keras cenderung memukul ballik obeng, juga ada peredamnya. “Obeng kami juga  menggunakan kandungan spring steel. Sifat kandungan ini punya nilai pelintir. Sehingga kalau sekrup ngelawan bisa diredam oleh obeng Tekiro. Ada lagi, di ujung obeng wang warna hitam keabu-abuan adalah magnet. Fungsinya untuk mengambil sekrup andai jatuh pada area yang sulit dijangkau tangan. Sekrupnya boleh diambil dengan ujung obeng dan akan menempel pada magnet,” tutur Tyo lagi sambil berpesan kalau mau info ada di IG @Tekiro_Tools. Tapi kalau mau beli ada di sini. MM

 

BAGIKAN