nhk

Obrolan Rossi dengan Bos Audi, Soal Ducati MotoGP

ManiakMotor – Finish posisi keenam, sebenarnya jauh di bawah “standar” seorang Valentino Rossi. Doski sang maestro balap dunia, The Doctor ini adalah juara dunia 7 kali di kelas paling tinggi. Dan belum ada yang mampu menandinginya. Belum dihitung juara dunia GP125 dan GP250, loh.Paceklik prestasi ini diyakini karena Ducati kurang mumpuni.

Mari tengok ke belakang. Rossi pindah ke Yamaha dari Honda, karena apresiasi penggede Honda pada Rossi sangat kurang. Mereka bilang Rossi juara karena motornya. Jelas Rossi meradang dan pamit ke Yamaha yang kala itu memble.

Tidak perlu bikin capek jari mengetik ceritanya di Yamaha. Yamaha jaya, setidaknya, antara pembalap dan motor menyumbang faktor kemenangan yang sama. Bukan hanya motornya, atau melulu karena pembalapnya. Makanya saat ini, Rossi tidak pernah memasukkan opsinya memilih Honda jika ‘lari’ dari Ducati.

Ketika Rossi pindah (lagi) ke Ducati, hal ini tidak terjadi. Ada dua, faktor umur dan memang performa Ducati, meski Rossi mati-matian bertarung membela pabrikan itu. Pernyataan resmi yang disuarakan pihak Ducati adalah ‘motor belum mencapai performanya. Belakangan, terkuat kabar, Ducati lagi terbelit hutang hingga budget riset dan pengembangan pada tim MotoGP ikutan seret. Tersendat. Hehehe, baca ulang Catatan MotoGP, Rossi Dicolek.

Angin segar berembus saat Audi, pabrikan mobil Jerman mengambil alih kepemilikan Ducati pada April lalu. Ada secercah harapan, akan ada suntikan dana bagi ‘kemajuan’ Ducati MotoGP. Karena tim ini tidak aakn dimatikan oleh Audi dan justru akan didukung penuh oleh pemilik baru Ducati.

Hal ini terbukti ketika balap di Sachsenring, 8 Juli 2012, Rossi bertemu dengan bos Audi, Rupert Stadler,  dan ngobrol soal masa depan Ducati di MotoGP. “Stadler menjelaskan bahwa Audi sepakat untuk terus mendukung Ducati MotoGP. Bahkan telah diicarakan soal ambisi-ambisi yang akan dilakukan di masa mendatang,” beber Rossi ketika diwawancarai sebuah stasiun televisi.

“Audi sangat memercayai saya hingga berharap saya mau lebih lama di tim ini,” ujar Rossi lagi. “Stadler juga memastikan jika Ducati jangan sampai mengehentikan proyek MotoGP atau membikin motor baru. Semua diharap meneruskan pekerjaan ini,” lanjut Rossi.

Menurut Rossi, akan kurang bijaksana jika Ducati mengawali dari baru lagi yang tentu perlu waktu lama lagi dan butuh dana lebih besar lagi. “Kami hanya perlu menyempurnakan yang belum beres dan meneruskan pengembangan terakhir yang diyakini benar,” optimistis Rossi.

Gas terus. Yon

BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi MotoGP Germany, 6-8 Juli 2012
MotoGP Sachsenring, Pedrosa Melebihi Rossi..! 
MotoGP Sachsenring, Sirkuit Pakai Otak Kiri, Rossi Mengaku Berat
MotoGP Belanda, Rossi ‘Mengerti’ Soal Motornya
Catatan MotoGP, Harga Diri Rossi Dicolek..!


 



BAGIKAN