nhk

Öhlins Suspensi Resmi WSBK 2016. Lebih Cepat Menenangkan Motor Saat Berguncang

ManiakMotor – Öhlinss mencanangkan sebagai suspensi resmi World Superbike ( WSBK ) 2016. Tipe terbaru untuk monosok RVP25s dengan rod valve piston berdiameter 2 5mm.  Itu artinya guncangan dari power dikirim ke roda belakang mau pun pada kecepatan tinnggi terguncang, segera diredamnya. Tadinya motor goyang-goyang langsung ditenangkan, pembalapun mudah mengoreksi motornya.

Sebelumnya rod valve piston di WSBK 2015 dan Moto 2 ukurannya 42mm. Perbedaan lainnya adalah sistem piston padat digantikan redaman inline bertekanan coil spring.

Ada lagi, bushing terbaru lebih ringan hanya satu kilogram dalam satu set. Jangan khawatie dengan bobot ringan tersebut, diklaim kuat dan optimal mendukung traksi ban ke aspal. “Nanti juga akan diproduksi massal, termasuk Indonesia akan dapat. Kan yang dipakai di WSBK juga akan muncul pada motor jalanan,” sebut Eddy Saputra dari Ohlins Indonesia.

Karakteristik ini dicapai dengan memindahkan semua adjuster ke atas garpu. Tadinya setelannya kan di bawah yang menyatu dengan as dan tabung sokbreker, terutama setelan sistem rebound dan kompresi redaman.

Rebound out di posisikan pada bagian kanan kanan garpu, sedangkan kompresi redaman di bebankan pada bagian kiri. Berarti tabung redaman tidak harus fokus di sisi luar bawah suspensi. Katanya terlalu  banyak sisa logam yang aus mengendap di dasar tabung, padahal di situlah lubang-lubang  halus untuk sirkulasi oli dan udara. MM

 

 

BAGIKAN