nhk

Ohlins Indonesia; Rancang Sokbreker Depan Bebek/Matik

 

ManiakMotor – Lantaran namanya Ohlins Indonesia (OI), mau tidak mau mereka harus menyesuaikan dengan sokbreker yang beredar di Indonesia juga. Kolo sokbreker belakang, sudah lebih dulu muncul. Selanjutnya adalah sokbreker depan teleskopoik bebek dan matik yang puluhan tahun tak ada perkembangan teknologi. Ya begitu terus dengan teleskopik pendeknya sejak diperkenalkan bebek Binter Joy yang dilahirkan Kawasaki 1983.

Disebut begitu terus, karena isinya hanya oli, pipa bersuling (katup) dan pegas. Peredam kejutnya kalah dengan teleskopik panjang. Walau sebenarnya yang panjang juga isinya sama, namun onderdil di dalamnya lebih besar dan kapasitas olinya lebih banyak. “Pengembangannya tetap teleskopik pendek, tetapi dengan perbaikan di sana-sini,” jelas Arief Syahbani dari Ohlins Indonesia.

OI telah melakukan riset bersama Ohlins asalnya dan produsen bebek di Indonesia. Mereka rutin mencari kekurangan dan selanjutnya mencari solusinya. Sementara tabung dan poros sokbreker harus diganti yang dimeternya lebih besar. Karena nanti akan berhubungan dengan komponen di dalam tabung itu sendiri yang juga lebih besar.

Dari bocoran sih sistem redamannya akan mengikuti teleskopik umum, namun dengan versi Ohlins. “Nantinya redamannya tidak hanya mengandalkan suling, tapi juga ada katup lain untuk mendukung sirkulasi oli. Tapi saat ini belum menyetuh adjustable (seetting), tapi dicoba sistemnya paten,” tambah Arief.

Sekadar tambahan saja, saat ini sokbreker tersebut baru akan kelihatan di balap motor. Maklum balap adalah laboratorium untuk harian. Soal harga juga nantinya akan menyesuaikan dengan pasar onderdil di sini. Sebab, kalau jadi bawaan motor pabrikan akan panjang ceritanya. Berarti sifatnya adalah aftermarket. Ya, pasti lebih empuk dan nyaman, Ohlins gitu loh.  Ito   

BACA JUGA

Monosok Öhlins KA840 For Kawasaki Ninja 250

Pulley-Puli Kit Mio Performa Tinggi, Buat Drag Bike Dan Bali

CDI Rextor Limited Edition, Buat Harian Mantap, Lebih Mantap Untuk Bali

BAGIKAN