nhk

Ohlins TTX Flow 2018: Sokbreker Belakang Special Engine, Tetap Mengalir Di Trek Tanah

ManiakMotor – Sebelumnya telah diulas RXF 48 S yang satu tipe dengan TTX Flow. RXF 48 S adalah untuk depan. Sedang TTX Flow untuk belakang yang disebut monosok special engine (SE). Sebut SE adanya di motocross, di sana ada Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, KTM dan Husqyvarna.

TTX Flow 2018 kelanjutan dari pendahulunya dua tahun lalu dan setiap tahun  disempurnakan. “Untuk edisi 2018 ada penambahan dan cetak ulang komponen agar tahan lama. Maksudnya, kinerjanya nggak berubah walau SE-nya dipakai latihan dan balap,” kata Eddy Saputra dari Ohlins Indonesia yang bermarkas di Cikini.

Namanya juga TTX Flow. Flow yang di belakang itu disebut aliran yang mengalir. Macam membaca, kalau ahli yang menulis, bacanya mengalir. Nah seperti itu produk terbaru TTX Flow. Traksi yang diperoleh SE walau di trek tanah konsisten pada kenyamanan lantaran stabilitasnya yang tinggi. Kata orang redamannya nggak ada matinya, selalu mengikuti kontur tanah pada setiap putaran mesin.

Kalau sudah begitu kontrol terhadap motor juga konsisten. Karena lubang-lubang penyulingan oli dan klepnya dikemas lebih mantap, lantaran dari masukan para crosser papan atas. “Termasuk di dalamnya, belajar dari sokbreker pedahulunya. Contoh seperti seal-seal as dan karet stopper,” tambah Eddy.

TTX Flow ini punya pengukuran yang rapi pada tekanan di dalam tabung dengan cara meracik ulang buka-katup sirkulasi oli. Buka-tutup katupnya dibuat lebih lebar, tapi bisa dikontrol sesuai beban kejutan terhadap aliran oli sokbreker. Maka jaminan stabilitas saat pengereman dan akselerasi pada sirkuit yang variabel khas garuk tanah.

Masih mempertahankan teknologi tabung Twin Tube, namun dengan rancangan di atas, kerja roda belakang justru lebih enteng. Sistem baru ini akan meredam hits atau pantulan   dan membuat sasis stabil untuk jumping yang tinggi sekali. Dia sanggup menyerap hantaman keras saat mendarat.

Diandaikan, crosser bisa memprediksi handling selanjutnya pada rintangan berat. Mampu menenangkan sasis dalam kondisi motor ketika tersiksa oleh lintasan. Kalau mamu membuktikan langsung silakan tanya lengkap di Ohlins Indonesia di Jl. Cikini Raya No.70, Cikini, Menteng – Jakarta Pusat,  telepon +6221 316 1606 | +62 877 8822 2067. Bisa juga email; sales@senaautopart.com. MM

SPESIFIKASI 
• Diameter piston 46mm dan batang piston 16 mm
• Tabung gas 58 mm
• Teknologi penunda tekanan yang paten
• Peningkatan ketahanan bottoming melalui desain karet stopper
• Pengaturan (setel) kompresi dan rebound dengan indikator
• Mudah dan biaya efektif untuk diservis
• Mudah penyetelan pegas preload

BAGIKAN