nhk

OMR Vespa Sentul Kecil, Pakai Reed Valve

ManiakMotor – Vespa ikut balapan road race di Free For All (FFA) mengganti sistem suplai bahan bakar rotari jadi katup bulu atau reed valve. Sebab, terbatas sistem pemasukan bahan bakar rotari yang bawaan Vespa. Dengan membran, si semok jadi gepeng, eh, maksudnya mudah pakai karbu produksi Jepang yang berdiameter 24 mm.

 

Cara ini dipakai sebagian peserta FFA pada serial VBI Top One Cup Race 2012 yang digelar di Sentul International Karting (Sentul Kecil), 13-14 Oktober 2012. “Dengan karbu Mikuni atau Keihin lebih mudah menyetingnya. Spuyer gampang didapat dibanding Del’Orto bawaan Vespa,”  kata M. Ikbal yang adiknya M.Fadli pembalap supersport yang aslinya dari Vespa.

Ikbal  yang membela tim FSR (Fadli Scooter Racing) ini berhasil juara FFA. Membran itu salah  satu modalnya.  Pembalap lain yang pakai adalah Arief Budiono. “Sempat posisi pertama, sayang ada kendala pada sistem transmisi,” sesalnya yang harus memberikan posisinya pada Ikbal setelah pertarungan panjang 15 lap dari 18 lap yang ditempuh.

Diakui mekanik pengaplikasian harmonika (begitu sebutan para pelaku balap Vespa pada reed valve) lebih mudah diutak-atik. Itu ketimbang mengubah coakan rotari pada kruk-as yang butuh ketelitian tinggi pada ahli bubut. Kalau salah, itu kruk-as Vespa jadi penguhuni loa’an.

Rotari aslinya kan sudah dihitung untuk keadaan standar. Jadi, sulit mengimbangi uap bensol pada putaran tinggi. “Dengan  harmonika, itu bisa diatasi,” papar Udin yang tak lain mekanik dari Vespa yang dikebut Ikbal.

Aplikasi membran tidak lah semurah harga Vespa bekas, juga tidak semahal Vespa PX150 yang dijual Rp 50 juta itu. Proses modifikasinya harus oke. “Makanya saya belum buat yang seperti itu. Keggunaan membran bukan dari segi kecepatannya, tapi asupan bahan bakar bisa mlayani putaran tinggi, otomatis daya tahan motor lebih bagus,” kata Adi yang mekanik dari TJM (Teluk Jambe Motor) Karawang yang dulunya juga membalap semok dan sempat mendominasi di event balap Vespa.

Ternyata kelebihan Vespa hitam bernomor start 69 milik Ikbal meninggalkan cukup jauh lawan-lawannya, bukan hanya membran.  Tuh, pakai sokbreker kompetisi khusus Vespa bermerek Bitubo dan pengapiannya sudah arus DC. Jelas tenaganya lebih nyaman disalurkan ke roda.

Wah, dari tadi ngomong membran???? Ngatuk kalee ini reporter, makanya sampai termasuk hasil lomba belum muncul-muncul sampai saat ini. Padahal penggemar balap Vespa sedang menunggu hasil. Sabar, bro. Tunggu reporternya bangun tidur. Maklum kejar lembur….  adit

BERITA TERKAIT:

Modifikasi Vespa PX 150 (Banjarnegara), Tips Pakai Roda 14 Inci

Vespa New PX150, Harga Rp 59 Jeti

Vespa S150ie, Ingat Kakek Gue



BAGIKAN