nhk

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Honda Meraja, Crutchlow Bintangnya

ManiakMotor –  Hujan-hujanan di sirkuit Le Mans, Prancis, sirkus MotoGP menghadirkan muka baru di podium. Doski adalah Cal Crutchlow yang sebelumnya terancam tak boleh ikut di race day Minggu 19 Mei 2013 ini .

Rider Black Yamaha asal Inggris itu ibarat menang di kandang sendiri karena Prancis adalah markas Monster Yamaha Tech3 yang dibelanya. Di tengah isu santer penggatian dirinya musim depan, Crutchlow justru menyelamatkan muka Yamaha dengan hadir di panggug sebagai runner up, di antara duo Repsol Honda Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang sangat kuat.

Duet tim pabrikan Yamaha, Jorge Lorenzo da Valentino Rossi, sepertinya memang lagi kacau berat feeling mereka pada set-up. Lorenzo hanya bisa  main di baris depan selepas start sebelum akhirnya melorot  ke tengah. Rossi yang meyodok dari urutan start 8, sempat bertarung di urutan tiga, di belakang Pedrosa dan Andrea Dovizioso (Ducati) sebelum akhirnya disalip Crutchlow.

Apesnya, tak lama kemudian The Doctor tergelincir ke gravel karena memaksa lebih cepat, tapi tak punya grip. Meski bisa bangkit dan teruskan lomba, hasil maksimal The Doctor hanyalah urutan 12, sedangkan Lorenzo finish ke-7.

Daya tarik balapan bukan pada Pedrosa yang terlalu jauh untuk dikejar tapi pada Crutchlow, Dovizioso, dan Marquez. Dovi yang sempat memimpin lomba akhirnya keteter mengejar Pedrosa. Sebab lintasan mulai kering. Ia juga keteter juga dari sergapan Crutchlow dan Marquez. Jalur yang mengering itu pula yang bawa Marquez finish di podium. Saat hujan masih megguyur, ia bolak-balik melebar di beberapa tikungan dan terdampar di urutan 8.

Aplaus tersendiri diberikan buat Crutchlow yang bertarung menahan rasa sakit di kakinya. Selaku runner-up, ia tak pernah mendekati Pedrosa yang sudah jauhhhh sekali. Pertarungannya dengan Dovi pun jadi hiburan tersendiri, meski dalam empat lap terakhir juga sudah dipepet Marquez.

Mereka inilah yang bikin seru balapan. Buat Dovi, ini prestasi tersendiri meski gagal naik podium. Tanda Ducati masih ada di MotoGP, lho memang ikut. Maksudnya belum buang handuk.

Kini Pedrosa uncul di puncak klsemen dengan 83 poin, disusul Marquez (77), Lorenzo (66). Curtchlow naik ke urutan 4 dengan poin 55, sekaligus menggusur The Doctor yang menabung angka 47. Wah, mulai riskan nih posisi The Doctor! Kan tahun ini hanya menyeting motor, bro. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Warm Up di Lintasan Basah, Crutchlow Layak Tarung, RossiKerepotan

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Jelang Race): Semua Tolak Hujan, Fight di Depan

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Patah Tulang dan Muntah Darah, Cructhlow Terancam DNS

BAGIKAN