nhk

One Prix Sentul 2019: Race-1 Bebek 150 Novice Milik Herjun Ditempel Nugroho, Jumlah Lap Penyiksaan

ManiakMotor – Race-1 Bebek 150 cc 4T TU Novice di Sentul Kecil, Bogor, Jabar pada 1 September 2019, memang lumayan. Ada empat pembalap yang motornya punya performa imbang. Sebut saja motornya, karena kalau cerita jokinya, rata-rata sangat kenal dengan Sentul Kecil. Skill peserta Novice ini rata di situ.

Yang tidak rata itu adalah motornya,  tergantung timnya dibiayai siapa? Maklum, balap bebek yang mengandalkan biaya untuk modifikasinya. Apalagi, jumlah lap yang disediakan panitia sangat ekstrem, penyiksaan buat mesin. Ada 25 lap yang harus ditempuh mesin jualan umum yang dimodifikasi jadi balap.

Hasilnya dari 26 motor yang dilepas hanya 8 motor yang seimbang lapnya sampai finish. Lalu enam motor tertinggal 1 lap dan lima motor tertinggal 2 lap. Sisanya pada mogok. Sungguh tidak elok 25 lap x 1.200 meter panjang Sentul Kecil sama dengan 30 km. Padahal setahu penulis, dulu idealnya bebek harian dikorek untuk balap maksimal digeber terus menerus 20 km. Sehingga masih enak ditonton dengan permainan yang masih berdekatan di antara peserta.

Sudah hampir bisa ditebak yang sanggup seperti itu yang menunggang motor disokong pabrikan. Mereka punya dana membeli suku cadang untuk mengganti setiap race. Juga dapat part penting dari pabrikan. Macam juaranya Herjun AF yang dikawal tim Astra Racing Team Yogyakarta yang disokong AHM, pabrikan Honda. Yang kedua adalah Wahyu Nugroho dari Yamaha Bahtera yang didukung Yamaha Indonesia.

Jadi maaf yang ngatur sampai 25 lap itu siapa ya? Kasihan juga penonton di rumah, hanya melihat balapan yang renggang-renggang. MM

BACA JUGA

Hasil One Prix Sentul Kecil, Bogor, Jabar 31 Agustus – 1 September 2019

BAGIKAN