nhk

Oschersleben 8 Jam : Finish Kedua, Suzuki Juara Dunia Ketahanan 2016

wec4april-motors-sert1

ManiakMotor – Suzuki Endurance Racing Team (SERT) berhasil tampil sebagai juara dunia FIM EWC 2016 untuk kategori tim, setelah pada seri pamungkas dalam event “Oschersleben 8 Jam” di Jerman, pekan lalu (28/8) finish kedua melalui drama persaingan menegangkan. Lomba sendiri dimenangkan oleh tim Yamaha GMT 94 yang sama-sama menempuh 309 lap.

Persaingan antar kedua tim sama-sama asal Perancis ini berlangsung ketat. SERT diperkuat trio Vincent Phillipe, Anthony Delhalle dan Eitenne Masson dengan mengendarai Suzuki GSX-R1000, sedang GMT menampilkan trio Davic Checa, Nicolo Canepa, dan Lucas Mahias membesut Yamaha R1 1000. Hingga menit terakhir, jarak GMT yang memimpin lomba sama SERT hanya terpaut 21 detik.

Tim-tim unggulan bergelimpangan. Seperti SRC Kawasaki baru menempuh lima lap sudah kecelakaan. Kondisi mesin yang rusak membuat mereka mengundurkan diri. Peluang juara dunia pun pupus lantaran sampai seri 3 Suzuka berada di peringkat kedua. Nasib apes juga menimpa tim YART Yamaha yang menduduki peringkat ketiga sementara.

Kecelakaan juga dialami tim F.C.C. diikuti TSR Honda yang belum separuh, tepatnya pada lap 72. Tim superstock Volpker NRT48 yang cukup mengejutkan mengalami kecelakaan hebat.

Rontoknya tim unggulan membuat persaingan GMT dan SERT kiat ketat. Selama 309 lap, SERT telah melakukan 7 kali pitstop yang menghabiskan waktui 39 menit lebih. Dengan menduduki posisi kedua sudah cukup menghantar SERT tampil sebagai juara dunia. Ternyata, kondisi tersebut bisa dipertahankan sampai bendera finish dikibarkan.

Bagi GMT 94 tentu hasil ini sangat menyakitkan. Bagaimana tidak. Meski menang, tapi dalam selisih angka, mereka yang mengantongi total 87 angka kalah satu angka sama SERT. Peringkat ketiga diduduki tim Suzuki juga (Team April Moto Motors Events) dengan 78 angka.

Untuk kategori pabrikan, juara dunia menjadi milik Yamaha dengan total 124 angka. Suzuki berada di urutan kedua dengan 116 angka diikuti Kawasaki ketiga 97 angka.  Rezki/Rilis Suzuki 

BACA JUGA

WSBK 2016 : Marco Melandri Balap Lagi Sama Ducati, Di arena Ini

Suzuka 8 Hours 2016: Rontoknya Tim Unggulan, Yamaha pun Melenggang Juara

Suzuka 8 Hours 2016 : Yamaha Juara, Dimas Eky Pratama Posisi Kedelapan

Suzuka 8 Hours 2016 : Tinggal 45 menit, Yamaha Memimpin, Indonesia Kedelapan

 

 

BAGIKAN