nhk

Pabrik Baru Kawasaki Motor Indonesia; Tempat Produksi Raja Motor Premium

ManiakMotor – Kawasaki  Ninja 250 Fi dan Ninja Mono RR, wakil sepeda motor premium. Itu di Indonesia, bro. Juga itu ukuran jualan massal dan diserap secara massal alias merakyat. Nah turunan Ninja 250 yang kapasitas 250 cc dengan berbagai keunggulannya, dialah yang paling premium, canggih. Tuh motor kini punya pabrik perakitan sendiri di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi 17845, Jabar.

Pemiliknya tentu saja PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Mereka mengresmikannya pada 8 April 2014. Gedung perakitan ini berdiri di tanah  seluas 150.000 m2 dengan luas bangunan 44.000 m2.  “Dengan pabrik ini, Kawasaki melompat ke level selanjutnya, sesuai tagline kami Jumping To The New Stage,” kata President Director PT. KMI, Yoshihiro Tanigawa.

Sudah bisa dibayangkan motor-motor hasil rakitan pabrik ini dengan tinjaun ke depan. Maklumlah, ini gedung terbesar ketiga setelah Jepang dan Thailand. Artinya, Kawasaki Indonesia dipercaya Kawasaki pusatnya di Jepang mengelola indistri motor lebih luas lagi. Hebatnya itu tadi, motor premium yang ternyata bisa diterima pasar di Indonesia.

 Pabrik ini berkapasitas produksi 150.000 unit per tahun, wuih banyak kali. Meyerap tenaga kerja 1.600 orang. Bila dibagi 12 yang artinya ada 12.000 unit per bulan motor-motor Kawasaki yang didistribusikan ke umum. Lebih dari separuh adalah Ninja 250 dan sudah mulai kelihatan Ninja Mono 250 RR.

Artinya lagi, KMI tak mau kalah set melayani permintaan motor sport ‘kelas khusus’ di Indonesia. Makanya PT. KMI memperluas pabriknya. “Mesin-mesin perakitannya sudah semirobot. Misalnya pengelasan rangka, pengecatan,  perakitan rangka, perakitan mesin dan fasilitas pengujian. Ini komitmen KMI pada sport premium,” tutur Fredyanto Basuki, Publik Relation Departement Head.

Pabrik ini akan memproduksi empat model Kawasaki Ninja RR Mono, KLX 150 S, KLX 150 l, dan D-Tracker 150. Ghalib

BACA JUGA

Motor Baru 2014: Kawasaki Ninja 400 SE ABS,Corak Karbon Sangar

Kawasaki Ninja 250 RR Mono, Laku Keras, Di Bawah 40-Jutaan

BAGIKAN