nhk

Pabrik Baru PT AHM Di Krawang, Memproduksi 5.8 Juta Unit Motor/Tahun Kualitas Tinggi

 

ManiakMotor – Pengresmian pabrik keempat dari PT Astra Honda Motor (AHM) di Karawang, Jabar pada Kamis (11/12), kian memperkuat kuku Honda. Tentu bukan hanya dilihat dari kukunya yang semakin panjang atau kuantitas kapasitas pabrik ini yang 1.1 juta unit pertahun. Lalu bila ditotal dengan tiga pabrik sebelumnya milik AHM akan sanggup membuat motor 5.3 juta unit pertahun. Waw… itu terbesar di dunia bro.

Jauh dari itu, AHM akan semakin konstan dalam penetrasi pasar mereka dengan kualitas yang lebih tinggi. Lihat saja pabrik baru ini akan difokuskan pada line-up tertentu dan ekspor alias tak campur aduk lagi. “Tujuan penambahan pabrik cakupannya banyak. Selain kapasitas, salah satunya menjaga mutu yang konsisten,” jelas President Director AHM Toshiyuki Inuma sembari berpidato bahwa motor-motor diproduksi AHM sudah hasil pekerjaan putra-putri Indonesia, termasuk di pabrik ke-4 ini ada 220 cewek yang mengoperasikan alat pencetak motor.

Makanya, Wakil Presiden Republik Indonesia M. Jusuf Kalla yang me-launching pabrik anyar AHM ini. Kalla yang datang ke lokasi naik helikopter itu, didampingi Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel. Juga disaksikan Duta Besar Jepang untuk Indonesia  Yasuaki Tanizaki dan jajaran petinggi Astra International Tbk.

Kembali pada mutu yang kata Inuma menjadi kebutuhan konsumen memilih Honda, motor yang punya teknologi terbaik. Salah satunya hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan performa tinggi. Konsep makin terjaga dengan berdirinya pabrik baru yang berbiaya Rp 3.3 triliun tersebut di atas tanah 84 hekto are di kawasan Industri Indotaisei, Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat.

Asal tahu saja, pelatihan 3.500 karyawan baru yang diterima untuk pabrik ini telah berlangsung tahun lalu. Dalam setahun mereka telah dibekal keterampilan untuk menjaga mutu yang disebut tadi. Belum lagi dukungan teknologi yang AHM sebut green company dengan material ramah lingkungan. Termasuk di dalamnya pembangkit listrik tenaga surya. Setrumnya disuplai oleh matahari, pak. 

Margono Tanujaya Direktur Marketing AHM lebih merinci disebut pengembangan pabrik tidak melulu kejar kuantitas. Katanya dengan bertambahnya pabrik akan mempemudah pengecekan kualitas dari unit ke unit. “Karena kualitas inilah yang membesarkan Honda dan sekarang mampu memperluas pabriknya,” jelas Margono sembari bilang akan ada pabrik ke-5 yang total produksi 500.000 unit/tahun. Pabrik ini berdekatan dengan pabrik ke-4 dan akan beroperasi pada 2015 yang artinya per tahun jadi 5.8 juta unit gabungan dari lima pabrik AHM.

Tapi ngomong-ngomong, makin banyak motor diproduksi, kok malah dilarang melinrtas di pusat kota DKI. Niscaya langkah DKI ini akan diikuti daerah lain? Macam mana tuh pak? MM

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353