nhk

Pakai Ban FDR, Tim-tim Indonesia Dominasi Shell Eco Marathon 2019, Lomba Irit Bahan Bakar

Tim Indonesia

ManiakMotor – Tim-tim Indonesia yang menggunakan ban FDR mendominasi kejuaraan Shell Eco Marathon 2019. Terutama di  kelas Urban Concept yang diadakan di Sepang, Malaysia pada 29 April – 2 Mei 2019. Ini adalah lomba irit-iritan bahan bakar loh.

“Pasti bangga. Kami ucapkan selamat atas prestasi dari teman-teman mahasiswa. Tidak hanya berhasil jadi juara di berbagai kelas yang diikuti,” kata Elsafan Rendianto, promotion departement head PT Surayaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.

Inilah kendaraan yang digunakan irit-iritan bahan bakar. Pakai ban FDR

Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengirimkan tiga tim di kelas Urban Concept. Ketiga tim tersebut mendapat podium di kelasnya masing-masing, ITS Team Sapuangin juara 1 di kelas Internal Combustion Engine (ICE), tim Nogogeni juara 2 kelas Battery Electric dan Antasena juara 2 kelas Hydrogen.

Semua tim tersebut menggunakan ban prototype FDR baik yang ukuran 90/80 R16 maupun 90/80-17. “Ban FDR terbukti mantap, baik ring 16 maupun ring 17. Saat dimix atau dicampur ukurang ringnya, tetap dapat hasil yang baik. Tiap tim ada peningkatan. Tim Sapuangin bahkan bisa mencapai 400km/L saat latihan menggunakan ban FDR,” ujar Vito Hanif Addinuri, non-technical manager ITS Team Sapuangin.

Ban prototype FDR berteknologi Eco Smart Tire punya tahanan gelinding rendah. “Hal ini mengakibatkan daya gelinding ban menjadi semakin ringan dan jauh. Pada akhirnya konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat,” kata Jimmy Handoyo, technical development department head PT SRI.

Selain mendominasi kejuaraan SEM, Tim Nogogeni juga keluar sebagai juara kedua saat kualifikasi Driver’s World Championship. Tim ini juga menjadi salah satu wakil Asia untuk bersaing dengan perwakilan Eropa dan Amerika dalam ajang DWC 2019 yang akan digelar di London mendatang.

“Kita sempat ada masalah mesin saat latihan untuk DWC. Hanya ada waktu 15 menit untuk memperbaiki sehingga tidak mendapat posisi start yang bagus. Alhamdulillah  sempat memimpin 2 lap namun, di lap terakhir disalip oleh tim Nanyang,” kata Ade Siti Fatimah, non-technical manager tim Nogogeni.

Berikut hasil Shell Eco Marathon 2019 yang menggunakan ban FDR:

Kelas Urban Concept, Internal Combustion Engine (ICE)

PeringkatUniversitasNama tim
1Institut Teknologi Sepuluh NopemberITS Team Sapuangin
2Universitas Negeri YogyakartaGARUDA UNY ECO TEAM
4Universitas Gadjah MadaSEMAR URBAN UGM INDONESIA
5Universitas DiponegoroAntawirya
8Universtias Negeri SemarangPandawa

 

Kelas Urban Concept, Battery-electric

PeringkatUniversitasNama tim
2Institut Teknologi Sepuluh NopemberNogogeni ITS Team 1
3Universitas Pendidikan IndonesiaBUMI SILIWANGI TEAM 4
4Universitas BrawijayaApatte 62 Team
5Universitas Muhammadiyah MalangMekatronic Team 1

 

Kelas Urban Concept, Hydrogen

PeringkatUniversitasNama tim
2Institut Teknologi Sepuluh NopemberITS Team 5

 

BAGIKAN