nhk

Pakai Kopling Set TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 1,5 DK, Torsi Naik 0,75 Nm, Koplingnya Kuat (3)

 

 

ManiakMotor – Hanya ganti kopling set, horse power (hp) atau daya kuda (dk) naik. Kan biasanya selalu ganti pengapian atau mempebesar arus pembakaran, dk melonjak.  Ini  kopling set bro, maka Kawasaki KLX150S yang benar-benar std baru keluar dari toko, naik 1,5 dk. Di sana terjadi peningkatan mekanis kopling menyalurkan tenaga.

Sebelumnya kopling TK Racing ini pernah diulas tapi belum pakai test segala. Kini dibuktikan di meja dyno Polaris di Kebun Jeruk III, Jakarta Kota. Polaris adalah distributor TK Racing di Indonesia.

“Dk dan torsi naik, karena konstruksi kopling sudah berubah jauh dari standarnya. Bahannya juga beda. Gigi primer TK Racing lebih lurus-lurus untuk meneruskan daya dari kruk-as. Tapi saat dipasang tetap modelnya plug and play,” terang Rudi Setio dari Polaris.

Selain modul  gigi juga yang berubah adalah bahan kampas. Makanya di meja dyno menunjukan 11.0 dk/8289 rpm. Itu naik 1,5 dk dari standar KLX150S. Sedangkan torsi naik 0.75 nm/6219 rpm. Supaya nyambung coba baca ini: Pakai CDI Dan Koil TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 3 DK. Juga ini; Pakai Karburator TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 3 DK (2). Sebab tulisannya modelnya bersambung. KLX150S saat ditest standar adalah 9.5 dk/7458 rpm. Sedangkan torsi 10 Nm pada 5.307 rpm.

Yang paling utama pada kopling set TK Racing ini adalah daya tahannya. Bandingkan kopling KLX150 semua varian dari pabriknya memang hanya diperuntukan di medan on-road. Kopling aslinya di jalan aspal juga nggak tahan lama, apalagi dibawa ke arena off-road, itu kopling asli KLX sebentar saja rontok.

Obatnya perangkat kopling dikeluarkan TK-Racing. Kopling set ini telah  lewat riset yang panjang, lalu menghasilkan komponen aftermarket yang tahan banting. Risetnya berdasarkan penyakit bawaah KLX. “Konstruksi rumah kopling telah diubah semua. Tapi dengan mudah dipasang pada bak kopling KLX. Ya seperti ganti kopling set standar. Nggak ada yang diubah di girboks KLX,” tambah Ahak mekanik senior yang mendampingi saat pengujian dyno.

Konstruksi rumah kopling pada TK Racing tentu dipermak sesuai kebutuhan. Ini rumah kopling sudah tak menggunakan peredam dari pegas, tapi semuanya tertumpu pada karet. Konstruksi karetnya pun dimodifikasi lebih tebal dan bahannya dari kualitas empuk meredam entakan.  Hasilnya selain kuat, torsi KLX malah naik. Lantaran perpindahan tenaganya sudah langsung, sudah tak terpengaruh per, namun tetap halus.

Kopling std  KLX ada peredam entakan menggunakan pegas dan karet. Letak peredam ini antara  rumah kopling dan gigi primer. Dan memang itu tugas peredam, mencegah entakan antar keduanya. Seiring penggunaan, tekanan pernya melemah. Makanya kalahnya dari situ. “Karena lemah dekapan antara center clutch, pelat kopling dan kampas juga terusik. Kerjanya tidak bersamaan saat terima transfer daya pertama kali dari mesin. Nah konstruksi ini yang diubah, termasuk susunan pelat dan kampasnya yang sekarang jadi enam. Aslinya kan KLX cuma lima,” promosi Rudi yang bilang risetnya dilakukan dengan para hobi trabas di Indonesia.

Makanya beli rumah kopling TK Racing. Nggak rugi, harganya cuma Rp 1.5 juta. Lebih lanjut hubungi Polaris 99 Jl.Kebon Jeruk III No.99, Jakarta Barat 11160 CP: Yani (Sales support), Telp: 021-62309552-98209518 atau – Polaris 51 Jl.Kebun Jeruk III No.51,Jaksarta Barat 11160  (sales support), Telp:021-6592128. Jangan lupa kasih tahu bacanya dari maniakmotor.com. Prat

BACA JUGA

Pakai Karburator TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 3 DK (2)

Pakai CDI Dan Koil TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 3 DK

Tips Motor: Usir Bunyi Jedag..Jedug.. Honda Beat Fi, Modal Dua Kunci!

Tips Motor; Korek Murmerceng (Murah Meriah Kenceng) MP4 Tembus 22 dk

BAGIKAN