nhk

Pakai Rumah Kopling TK Racing Honda CB150R STD Naik 2 DK Dan Torsi 1 Nm, Getaran Ndut-Ndutan Sembuh (2)

 

ManiakMotor – Pakai kopling set TK Racing Honda CB150R StreetFire naik 2 dk. Pada putaran 11036 rpm jadi 17.2 dk saat naik ke meja dyno. Sedangkan torsinya menjadi  12,05 Nm/8039 rpm. Diuji standar di meja dyno yang sama, CB150R yang baru bangat hanya 15,1 dk/10.849 rpm dan torsi 11.90 Nm/8.214 rpm. Itu sesuai ukuran dyno Polaris di Kebun Jeruk III, Jakarta Kota yang jadi ditributor TK Racing.

Kali ini memang hanya menguji rumah koplong berlo TK Racing. Lagian kopling sudah pernah diulas tapi belum diuji sampai mendalam. Saat itu tulisannya model tips. Disebut tips karena telah lewat riset yang panjang, lalu menghasilkan komponen aftermarket. Seperti CB150R StreetFire punya penyakit bawaan yang usai dibeli, beberapa bulan kemudian muncul gejala yang kurang enak. Terutama saat melepas kopling pertama kali dari diam ke jalan pelan pada gigi rendah muncul getaran. Tenang, pakai kopling ini gejala tersebut hilang.

Sebabnya getaran dari konstruksi rumah kopling CB150R itu sendiri. Pada rumah kopling std CB150R ada peredam entakan menggunakan pegas dan karet. Letak peredam ini antara  rumah kopling dan gigi primer. Dan memang itu tugas peredam, mencegah entakan antar keduanya. Seiring penggunaan, tekanan pernya melemah. “Karena lemah dekapan antara center clutch, pelat kopling dan kampas juga terusik. Kerjanya tidak bersamaan. Akibatnya motor akan ndut-ndutan dan bergetar saat kopling menerima transfer daya pertama kali dari mesin,” jelas Koh Setyo, bos Polaris.   

Bila terus dibiarkan, ya nggak enak buat sampeyan. Coba saja tanya diri sendiri buat yang telah pakai Honda CB150R, apakah begitu. Per yang lemah akan menyerang karet peredam. Bila sudah begitu, makin kasar pak. Nah, dari situlah riset dimulai bro dan Polaris adalah distributor TK Racing, maka tipsnya soal rumah kopling TK Racing.  Hehe jualan… tapi ada elmunya dan sekarang sudah diuji langsung di meja dyno.

Konstruksi rumah kopling pada TK Racing tentu dipermak sesuai kebutuhan. Ini rumah kopling sudah tak menggunakan peredam dari pegas, tapi semuanya tertumpu pada karet. Konstruksi karetnya pun dimodifikasi lebih tebal dan bahannya dari kualitas empuk meredam entakan. “Hasilnya malah tenaga dan akselerasi naik tajam pakai kopling set TK Racing. Lantaran perpindahan tenaganya sudah langsung, sudah tak terpengaruh per, namun tetap halus,” tambah Koh Setyo.

Makanya untuk mengusir ndut-ngdutan pada Honda CB150R, obatnya beli rumah kopling CB150R produk TK Racing. Nggak rugi, harganya malah di bawah standarnya, yakni Rp 1.7 juta. Sudah ndut-ndutannya hilang, bonusnya adalah tenaga dan torsi lewat tarikan kontan yang halus.

Lebih lanjut hubungi Polaris 99 Jl.Kebon Jeruk III No.99, Jakarta Barat 11160 CP: Yani (Sales support), Telp: 021-62309552-98209518 atau – Polaris 51 Jl.Kebun Jeruk III No.51,Jaksarta Barat 11160  (sales support), Telp:021-6592128. Jangan lupa kasih tahu bacanya dari maniakmotor.com. Prat 

 

BACA JUGA

Pakai 2 Versi Koil TK Racing: Honda CB150R, Abu-abu Naik 1,4 DK, Hitam 2,6 DK, Pilih Mana?

Kem (Noken-As) Racing Harian TK Racing, Buat Beat, Tiger, FU150 Dan Jupiter Z

Pakai Kruk-As, Piston, Kem Dan Pengapian TK Racing, Kawasaki KLX150S Naik 5 DK (5), Untuk Trabas

Pakai Blok Silinder Dan Piston 58 mm TK Racing: Kawasaki KLX150S Naik 2.8 Dk (4)

Drag Bike 2015: TYB K-Ijo Uji Dyno Di Polaris Jakarta, Torsi Ninja TU Melonjak Pakai Koil TK Racing

BAGIKAN