nhk

Paket Korek ECU Ninja 250 Cc Satu Silinder Sudah Bisa Dibeli Bro, Buat KLX250 Juga Bisa

 

ManiakMotor – Kawasaki Ninja 250 cc satu silinder baru ramai diperbincangkan, eh paket penyuntik mesinnya sudah tersedia. Part ini bukan berupa piston, kem dan peranti lain. Ini hanya berupa kotak plastic saja yang isinya bisa ‘mengacaukan’ program ECU (Elecrtonic Control Unit) standarnya.

Part ini merupakan paket awal dalam rumus korek-mengorek motor injeksi, ECU standarnya tetap terpasang. Ia akan mengubah ECU dalam membaca suplai udara dan bahan bakar.  Memang penjualnya tak bilang untuk Ninja Satu Silinder, lho.

Tapi, alat  ini khusus untuk mesin injeksi yang satu silinder.  Misalnya buat KLX250 dan D-Tracker yang mesinnya diprediksi untuk dipasang pada Ninja 250 Satu Silinder, hehe. “Bahkan untuk Vixion pun boleh yang penting satu silinder,”  ujar Angga Kurniawan, juragan Anjany Racing yang menualnya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Juice Box

Mereka masuk dalam kategori piggy back alias mendongkrak peforma ECU bawaan pabrik. Ia bisa meningkatkan suplai udara yang nantinya akan diikuti bahan bakar. Jika di motor karburator alat ini serupa dengan jetting. Maksudnya sama dengan menaikkan angka spuyer. Bedanya yang ini bisa banyak tingkat ukuran untuk melayani silinder tunggal. Harganya Rp 3,3 juta.

Power Comander

Keluaran dari Dyno Jet ini serupa dengan Juce Box, hanya saja pemasangan alat ini bisa digabungkan dengan berbagai macam alat lain seperti Quick Shifter (QS) dan Auto Tune pada satu silinder. Settingan suplai bahan bakar dan timming pengapian bisa dilakukan pada alat seharga Rp 3,8 juta ini.

Portal ini telah mencoba alat ini saat dipasang di KLX250, huhui, mantap. Limiter pada KLX-nya telah digeser-geser yang dipadu knalpot FMF. Badan terasa seperti ditarik-tarik, sampai kaget karena memang nggak siap.

Auto Tune

Peranti ini terhubung dengan sensor AFR (Air Fuel Ratio) di leher kenalpot, tugasnya memberikan masukan data pada ECU atau Piggy Back secara real time, misal motor berada di Jakarta yang panas akan berbeda kebutuhan bahan bakar dan suplai udaranya ketika diajak di daerah dingin macam Puncak atau tempat lainnya, “Jadi ECU dan Piggy Back akan menyesuaikan saat itu juga, tidak perlu atur settingan lagi,” cuap Angga yang buka harga Rp 3.850.000 untuk peranti ini

Ketiga alat tersebut sifatnya plug ‘n play, namun disarankan agar melakukan pemasangan di tempat membelinya karena ini peranti elektronik, tidak bisa kasar perlakuannya, lebih lanjut ngomong saja  langsung dengan Angga di 021  53679239. Adit

BACA JUGA

Tips Motor; Ganti Sendiri Sil Sarter Semua Merek, Modal 2 Kunci, Bro!

Tips Motor: Rawat Setang Piston Jupiter Z Lewat Sil

BAGIKAN