nhk

Pameran Modifikasi Sekepal Aspal 2013 (Jakarta), Pertemuan Segala Jenis Modifikasi

 

ManiakMotor – Makna ‘Sekepal Aspal’ sangat dalam. Sebenarnya mereka para maniak motor sama dengan maniakmotor.com. Walau hanya sekepal, tetapi bagian dari hot mix jalanan yang digunakan bikers saban waktu. Sama dengan memamerkan 17 motor yang telah dimodifikasi asyik. Jumlah itu sedikit hanya sekepal modif yang menggelinding dalam sekepal aspal. Tetapi, perhatikan tata cara mereka memodifikasi, benar-benar maniak.

Itulah acara Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition (SAIME) 2013. SAIME berlangsung di Kopitiam Tan, Kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta, 24 Februari 2013. Dikemas memang hanya untuk pertemuan ‘sekepal’ penggemar modifikasi. Tanpa pandang bulu soal gaya atau aliran, ayo bergabung. Di sana ada modif café racer, chopper, bobber, boardtracker, dan semuanya. “Kami tidak melihat merek,  ukuran dan model motor,” bilang Sammy Bramantyo (Lawless) yang satu nada dengan Rizki Mandra dan Wira Bakti (Saint and Sinners Motorclothes) sebagai penggagas SAIME.

Seperti  diberitakeun pada tulisan jelang SAIME kemarin, motor-motor yang dipamerkan kebanyakan bercc besar dan produksi tahun toku. Menurut mereka, karena motor-motor itu murni modifikasi.  Misalnya sasis dirancang dari nol, mesin kawin silang, atau mungkin ban saja yang dibeli di toko. Yang diutamakan juga modifikasi yang detil sebagai konsep.

Misalnya Yamaha XS 650 tahun 1976 café racer dari Rocket Company, material konstruksinya dari alumunium. Lalu BSA Side Valve 1958 milik Retrogrades Slaughterhouse, dengan rangka besi yang hanya dipernis, tapi dianggap pertukangannya punya teknik tinggi. Kemudian Harley Davidson (HD) Ironhead dari Koloni Custom, pakai Non Destruction Test (NDT), semacam teknik mengelas pengeboran. Juga dipajang iklan Triumph yang jadi iklan rokok Dji Sam Soe dengan tema Potret Mahakarya. Dan masih banyak dan maaf yang tidak disebut.

Beda cerita dengan kontes, SAIME hanya sebatas pameran ingin menunjukkan di Indonesia punya orang-orang kreatif di dunia custom. Sesuai tujuan awal SAIME yang tidak membeda-bedakan modifikasi. Karena memang di lokasi acara terjadi interaksi antarpemilik motor besar dan kecil. “Dengan SAIME ini, semuanya jadi mungkin. Pemilik HD ingin juga custom motor kecil, sebaliknya pun begitu. Kita saling rangkul lah,” tambah Mandra yang plontos dan berkacamata itu. 

Di luar pameran ini, maksudnya di halaman parkir Kopitiam Tan, tidak kalah dengan pameran. Para pengunjung juga turut serta membawa modifikasi andalannya. Mereka juga para maniak, ya maniak tukang bangun motor yang tadinya rongsokkan, jadi sangat menarik, rik, rik…

Maka itu reporter jadi kebingungan mau tulis yang mana dulu? “Nanti saja mas, soal modifikasi main saja ke bengkel. Saya akan kasih tahu semuanya, mulai dari konsep sampai finishing,” kata Pak Santo Guratmoko, dari rumah modifikasi Koloni Custom yang mewakili beberapa modifikator lain yang jawabannya sama. Entah menghibur atau basa-basi. Tapi kayaknya nggak deh, karena logo maniakmotor.com ikut terhias dalam spanduk dan umbul-umbul acara ini.

Sebagai alat berinteraksi sesama pengunjung, SAIME juga menampilkan musik dan games berhadiah menarik. Salah satunya performance musisi blues, oleh Adrian Adioetomo. Ditambah dengan el Diablo Beer, bah macam koboy. Bahkan pada siang hari sebelum acara dimulai, sempat jalan-jalan dulu dari Lawless menuju lokasi. “Doakan supaya Sekepal Aspal-Aspal nanti kita lebih baik lagi,” tutup Sammy yang salah satu personil grup band Seringai itu.

Itu namanya bukan sekepal lagi bro, tapi segenggam aspal. Wah sama, dong. Adib

ARTIKEL LAIN MODIF

Jelang Pameran Modifikasi Sekepal Aspal 2013, Karya Modifikator Indonesia

Modifikasi Honda GL-Max (Jakarta), Permainan Bulat Klasik

Modifikasi Honda CB125SS (Jakarta), Konstruksinya Detil..!

Modifikasi Yamaha Scorpio (Deus), Termahal Di Dunia, Rp 120 Jeti

Modifikasi Honda Tiger, Pakai Sasis CRF250R, Mudah Katanya..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353