Panduan Santai Mengenali dan Mencegah Motor Ngejim: Nikmati Perjalanan Tanpa Kendala

itu yang ditunjuk pulpen dari Vario

Maniakmotor.com – Siapa yang tidak pernah mengalami motor ngejim? Ya, kondisi ini bisa menjadi momok menakutkan bagi pengendara motor. Tetapi, tak perlu panik! Mari kita kupas bersama apa itu motor ngejim dan bagaimana cara mencegahnya agar perjalanan tetap lancar.

Apa Itu Motor Ngejim?

Jadi, motor ngejim sebenarnya adalah istilah keren untuk menyebut piston yang macet pada sepeda motor. Bayangkan saja, tiba-tiba motor Anda seperti ‘terjebak’ dan tak bisa distarter. Nah, itulah yang disebut motor ngejim. Biasanya terjadi pada motor 2-tak dan bisa membuat kita sedikit frustasi.

Penyebab Motor Ngejim

Saat motor ngejim, pertanyaan pertama yang muncul tentu saja adalah: “Kenapa ini bisa terjadi?” Nah, salah satu penyebab utamanya adalah masalah oli. Oli yang kurang, kualitasnya rendah, atau distribusinya kurang baik bisa menjadi biang keroknya. Ketika oli tak melumasi bagian-bagian mesin dengan baik, gesekan pun terjadi, menyebabkan piston macet.

Cara Mencegah Motor Ngejim

Tentu saja, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Berikut beberapa tips santai untuk mencegah motor ngejim:

  1. Pastikan takaran oli samping sesuai. Untuk motor baru, ikuti takaran standar pabrikan. Untuk motor tua, tambahkan sedikit lebih banyak. Ingat, jangan berlebihan agar motor tidak brebet.
  2. Gunakan oli berkualitas dan selalu cek ketersediaannya. Oli samping sangat penting untuk motor 2-tak, jadi pastikan Anda selalu punya cukup.
  3. Lakukan pencampuran oli mesin dengan benar. Masukkan oli samping terlebih dahulu sebelum memasukkan bensin ke tangki.
  4. Periksa pompa oli samping dan peralatan terkaitnya secara berkala.
  5. Selalu cek kondisi seal pengunci dan pastikan tidak ada kebocoran yang bisa membuat oli masuk ke bagian yang tidak semestinya.
  6. Jaga piston dan ring piston dalam kondisi baik dan bebas dari keausan.
  7. Hindari menggeber motor pada kecepatan maksimum, itu bisa membuat mesin lebih cepat panas dan meningkatkan risiko motor ngejim.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga Anda bisa menikmati perjalanan tanpa gangguan dari motor ngejim. Jadi, jangan lupa perhatikan oli dan lakukan perawatan rutin pada motor Anda. Happy riding!