nhk

Paruh Kedua MotoGP 2019: Ducati Meningkat Pada Kecepatan Tikungan, Tapi…?

ManiakMotor – Gigi Dall’Igna otak di belakang Ducati sekarang kencang, tetap yakin ada solusi membuat Ducati GP19 lebih laju di tikungan. General manager Ducati Corse ini sudah coba mengubah-ubah kekakuan sasis GP19 di sirkuit Assen, walau pun belum signifikan perkembangannya.

Ducati pada paruh musin kedua MotoGP 2019 kudu kerja keras mengimbangi lawan di tikungan. Sebab menurut kedua pembalapnya, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci kelamahannya di situ, “Harus melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah kecepatan tikungan ini, tanpa mengorbankan area lain. Kadang mustahil area lain tak terpengaruh dan harus temukan kompromi antara yang diinginkan dan yang didapat,” kata Gigi.

Lagian menurut Gigi, sebenarnya Ducati GP19 telah meningkat kecepatan tikungannya. Tapi itu masih terasa kurang, “Soalnya lawan juga makin cepat membelok. Belum lagi ditambah Yamaha dan Suzuki meningkat tahun ini dalam kecepatan menikung,” tambah Gigi yang akan fokus ke bodi dan rangka untuk edisi paruh kedua MotoGP 2019.

Gigi dengan otak briliannya pun, mengakui memang tidak mudah dan butuh waktu untuk menambah kecepatan tikungan. Sebab, beberapa tahun terakhir, Ducati tercurah memperbaiki akselerasi yang urusannya dengan spesifikasi mesin. Tetapi mereka juga membuat terobosan dalam kecepatan menikung, namun itu tadi, lawan ikut meningkat pesat.

Bagi gigi, untuk mendoping kecepatan motor, perlu gagasan tambahan. Sekarang doski wajib memberikan perhatian besar pada keluhan pembalap soal menikung, “Jika sekarang memiliki ide untuk bidang lain, maka harus mempertimbangkan keluhan mereka. Walau gagasan tersebut menguntungkan, tetap harus ada kompromi antara keinginan pembalap dan ide sendiri,” pungkas Gigi yang menjamin tetap ada cara memecahkan kecepatan tikungan. 

Ditunggu. Miolo

BAGIKAN