nhk

Paruh Kedua MotoGP 2019: Kritikus Minta Rossi Terima Kenyataan, Dijawab Graziano Rossi

Graziano Rossi

ManiakMotor – Valentino Rossi sudah harus terbiasa alias terima kenyataan. Ada kaitan soal umur, membuatnya beberapa kali lomba di belakang pembalap satelit Petronas Yamaha SRT. Terutama dari Fabio Quartararo yang rookie MotoGP 2019. Juga dengan anak didiknya di VR46 Riders Academy, Franco Morbidelli.

Rossi sudah dua tahun ini nggak pernah juara seri yang terakhir di Assen 2017. Jadi kata kritikusnya, “Jangankan melawan Marc Marquez, mengatasi teman setimnya Maverick Vinales sudah kesulitan. Juga harus terima kenyataan adalah di belakang pemain satelit,” begitu kata para pengritiknya.

Langsung dapat jawaban, “Apa pun kata para kritikus, Valentino nggak mungkin mundur di tengah kontraknya dengan Yamaha sampai 2020. Itu tak akan mungkin, saya tahu persis orangnya,” bela Graziano Rossi yang tak lain sosok yang memperkenalkan balapan pada Rossi. Siapa lagi kalau bukan papa-nya sendri.

Graziano malah punya saran pada para insirnyur pengembang dan mekanik penyetel M1 di tim Rossi. Sebab, saat ini motor sudah sangat syarat teknologi, “Pengembangannya sudah cukup rumit. Itu juga  membuat Valentino rumit sendiri. Maka teknisi Yamaha harus pandai mengisi celah. Misalnya memanfaatkan trek lurus dan kekuatan berakselerasi. Atau area lain? Jadi setting motor tetap jadi kuncinya,” saran papanya, ya papanya Rossi yang masih tetap membela anaknya.

Boleh dikata, papa-nya sendiri agak sadar kuncian anaknya selalu unggul di tikungan sudah harus dinomor duakan. Dengan usia sang anak sudah 40 tahun, memang karakter M1 juga kudu berubah. “Kalau itu yang dijalankan, saya rasa Valentino akan berlomba lebih baik sejak di Brno pada 4 Agustus nanti,” tegas Graziano yang mantan pemain GP250 cc itu.

Nah macam mana para teknisi M1 Rossi? Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Brno 2019: Pernat Si Pengamat, Tak Percaya Pernyataan Jarvis Soal Rossi

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Jelang MotoGP Brno 2019: Di Empat Sirkuit Selanjutnya Milik Ducati Dovizioso

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353