nhk

Paruh Kedua MotoGP 2019: Pengembangan M1 Diarahkan Pada Vinales, Rossi Nggak Tahu..!

ManiakMotor – Ada pergeseran nih. Bahwa, pengembangan M1 sepenuhnya bukan terpaku pada Valentino Rossi seperti selama ini terjadi. Peran pembalap lain terutama Maverick Vinales kini dimaksimalkan dan itu sudah berjalan.

Bisa dilihat pada beberapa seri belakangan dengan melejitnya M1 Vinales. Jauh lebih cepat di sesi latihan, kualifikasi dan lomba. Sebenarnya, M1 Vinales telah bangkit sejak di Catalunya tapi jatuh bersama Jorge Lorenzo. Makin kelihatan juara di Belanda dan kedua di Jerman, “M1 saya kini sangat nurut sesuai yang saya mau. Bukan lagi saya mengikuti motor, tapi motor yang ikut sesuai kehendak saya,” papar Vinales usai juara di Assen.

Di saat sama Rossi sangat bermasalah dengan motornya. Jangankan dengan Vinales, dubandingkan dengan Fabio Quartararo bahkan dengan Franco Morbidelli, M1 Rossi terseok-seok. Pokoknya ada-ada saja masalahnya, “Dalam setahun di Sachsenring ini saya kalah 20 detik,” kata Rossi setelah finish ke-8 di Jerman dan terpaut 19 detik sekian dengan juara Marc Marquez. Padahal tahun lalu Rossi kedua di situ yang hanya terpaut 2 detik dengan yang juara, juga Marquez.

Karena itu muncul pertanyaan dan spekulasi, bahwa M1 telah berevolusi menuju kebutuhan Viñales. Bisa pula disebut dikerjakan sesuai kebutuhan joki yang bisa ditengok pada M1 Fabio Quatararo. Sedangkan M1 Rossi malah mengarah pada pengembangan yang salah?

Soal itu Rossi kesulitan menjawab. “Karena memang saya nggak tahu jawabannya. Kemungkinan ada perbedaan. Saya dan Franco (Morbidelli) terlihat kesulitan. Sedang Vinales dan Quartararo sangat kuat. Mungkin motor saya belum mendapat sentuhan sesuai tuntutan,” komentar Rossi yang mengaku akan mendalami situasi ini semasa liburan musim panas. MM

BACA JUGA

Paruh Kedua MotoGP 2019: Lorenzo Dikabarkan Pensiun, Honda Hormati Kesepakatan

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

MotoGP Sachsenring 2019: Ducati Lambat Di Tikungan, Itu Soal DNA Bukan Gaya Balap

Balapan Dunia Motor Elektrik (MotoE) Dimulai Dari Sachsenring 2019, Hanya Bunyi Dinamo

Pasca MotoGP Jerman 2019: Di Klasemen Marquez Unggul 58 Point, Samai Rekor Rossi

BAGIKAN