nhk

Paruh Musim MotoGP 2018: Jawaban HRC Ban Soft Marquez Awet Bukan Elektronik, Dibanding Medium Rossi

ManiakMotor – HRC secara tidak secara langsung menjawab soal ban soft Marc Marquez justru lebih awet dari ban lebih keras. Ini terkuak pada lomba di MotoGP Sachsenring, Jerman, saat finish ban lunak Marquez justru lebih utuh ketimbang milik M1 Valentino Rossi yang pakai medium.

Tetsuhiro Kuwata, Direktur dan General Manager Race Operations HRC, berkomentar panjang. Katanya, mereka tidak hanya mengembangkan mesin, “Tapi juga rangka, bodi dan suspensi untuk melindungi (mengawetkan) penggunaan ban,” papar Kuwata sembari berbisik, saat ini mereka sudah lumayan menemukan mesin yang bisa berputar (rpm) tinggi, tapi akan terus dikembangkan.

Tidak diceritakan detil, macam mana campuran bahan sasis, sehingga ban Marquez di Sachsenring bisa lebih awet. Bahkan di akhir-kahir lomba bisa mempush lebih galak dari yang pakai kompon lebih keras. Malah Marquez tercatat yang dapat fastest lap terakhir.

Menurut Kuwata, soal melindungi ban itu belum sepenuhnya mereka tuntaskan. HRC akan terus bekerja di semua area, karena semua berkaitan, “Apalagi ke depan HRC harus membuat motor yang pas pada bebebra pembalap, bukan saja untuk Marc. Saat ini masih ada Dani (Pedrosa) dan ke depan harus membuat motor untuk Jorge (Lorenzo) yang punya gaya sangat berbeda dengan pembalap kami sebelumnya,” tambah Kuwata pada Speedweek.

Intinya Kuwata sama sekali tak sebut elektronik sebagai fokus mereka mengawetkan ban. Ya hanya sasis dan suspensi yang dia sebut untuk ban yang tahan. Kok beda dengan lawan ya? Namanya juga MotoGP bro, serba rahasia. Miolo  

BACA JUGA

Sejarah Michelin, Punya Ban Gaib Buat Marquez, Soft Lebih Kuat Dari Medium Rossi Di Sachsenring 2018

Teknis, Ban Medium Belakang Rossi Lebih Rusak Dari Soft Marquez Di Sachsenring 2018, Kenapa?

BAGIKAN