nhk

Pasang Bos Klep Dengan Cara Dibekukan (Cryotech), Kompresi Utuh, Tanpa Ketok

Alat pembeku bos klep
Bos klep lagi diciutkan

ManiakMotor – Dengan cara didinginkan di bawah 200oC dalam 30 detik, namanya metal akan mengkerut. Maksudnya ukurannya menjadi lebih kecil dari skala sebenarnya. Maka lebih mudah dipasang pada dudukannya si metal tersebut. Contoh bos klep pada kepala silinder. Itu bos tak perlu dipaksa diketuk dengan martil yang bikin rusak metal bos dan rumahnya.

Di sinilah alat yang akan didinginkan lalu menciut

Nggak perlu ke pabrik motor untuk dapat alat mendinginkan metal agar kekuatannya sama. Saat ini, teknik dengan cara cryotech  itu sudah tersedia alat sederhannya. Macam milik bengkel bubut HDR Mtech yang hanya berupa tabung. “Cukup 30 detik didinginkan, metal akan menciut dan mudah dipasang tanpa paksa,”   buka Hendro, pemilik bengkel bubut HDR Mitra Teknik atau disingkat MTech yang juga punya tim drag bike tersebut.

Alat tersebut macam tabung gas 3 kg yang disusun dua. Isi tabung ini adalah liquid nitrogen, ya semacam freon juga sebagairan zat kimia untuk mengolah suhu menjadi membeku. Saat membeku itu, metal akan mengecil. Kan kebalikan dari dipanaskan yang akan memuai. Di atas tabung ini ada alat yang tersekat agar benda didinginkan benar-benar membeku.

Tabung zat pendingin
Tak perlu diketok lagi

Apalagi yang namanya macam bos klep ukarannya memang lebih besar dari dudukannya. Ada maksudnya agar bos akan duduk dengan pas tanpa kebocoran kompresi. “Dengan cara didinginkan, dudukannya tidak berubah karena saat dipasang memang  bos klep lebih kecil dari dudukannya. Saat suhunya normal kembali, bos klep akan duduk dengan ketat,” tambah Hendro yang berlamat di Jln. Cibinong – Tapos, Kel. Cimpaeun RT.01/002/No.43 Kec. Tapos, Depok – Jabar 16457 (di samping pemadam kebakaran UPT Tapos).

Alat ini di pabrik-pabrik motor memang digunakan. Tapi kan beda di pabrik hanya untuk motor pabrikan. Ini ada di HDR tanpa merusak rumah bos klep dan bos-nya, otomatiks kompresi aman, nggak bocor. Bagi yang berminat pasang bos klep cuma dikenai jasa Rp 350 ribu sampai Rp 1.5 juta tergantung bahan bosnya.  Silakan ubungi  085776775000 – 081546216606 (HDR Mtech). Panjul

BAGIKAN