Pasang Sendiri Knalpot Aftermarket Yamaha R15, Modalnya Tiga Kunci!!

Maniakmotor – Yamaha R15 sudah lama mengaspal di jalanan negeri ini sejak dilaunching.  Meski begitu masih ada pemakai R15 belum berani bongkar-pasang onderdilnya. Takut salah, bro. Kecuali yang beli mas-mas mekanik bengkel resmi dan mereka yang hobi, pasti bisalah.

Ganti knalpot aftermarket cara paling gampang buat dongkrak power motor berfairing ini, segampang pasangnya juga. Cukup modal tiga kunci! Sampeyan yang tidak berani, cobalah nekat, hehe.

Asli eces lantaran nggak perlu lagi setel CO segala. Karena pada lubang buang R15 sudah ada O2 sensor yang otomatis memberi sinyal pada CU untuk mengubah semprotan bahan bakar sesuai kebutuhan mesin.

Di pasaran pilihannya juga banyak. Tinggal sesuaikan selera dan dompet. Salah satunya knalpot berlabel Sakura yang memang disediakan buat R15 oleh pabrikan Yamaha yang harganya Rp 1.999.000. Pilihan laen HRP, soal performance-nya tak perlu diragukan, kan driset langsung sama Hendriansyah si dewa roadrace, harganya Rp 1,5 jeti dengan jaminan kualitas stainlees steel. Atau ada juga R9 dan sebagainya.

Oke sekarang siapkan dulu perkakasnya. Sekali lagi cuma butuh tiga kunci yaitu obeng plus, kunci L4 dan kunci T12. Silakan telanjangi motor dari fairingnya menggunakan kunci L4 (gbr-1) Jangan lupa ada dua baut bagian bawah samping kanan-kiri fairing (gbr-2) juga satu baut di bagian bawah depan (gbr-3). Copotnya pake obeng plus.

Setelah fairingnya lepas tinggal kendurin baut knalpot pakai kunci T12, ada 4 biji baut yang harus dilepas, dua bagian depan atau header (gb-r4), satu bagian bawah tepat di bawah tuas rem belakang (gbr-5) dan 1 baut bagian belakang/silincer (gbr-6).

Setelah terlepas tinggal pasang knalpot yang baru. Langkahnya kebalikan dari proses tadi. Jangan lupa juga pastikan paking knalpotnya juga ikut terpasang. Kalau paking tadi kedapatan rusak sekalian ganti agar sisa gas buang tidak bocor. Gampang kan?? GB

BACA JUGA

Tips Motor: Bikin Gerinda Kem Yang Simpel Presisi, Untuk Korek Noken-As Jadi Racing..!

Tips Motor; Oli Berubah Putih Melewati Banjir? Ini Sebabnya!

BAGIKAN