nhk

Pasca Duel Mantap MotoGP Austria 2018 Di Mata Nick Harris, Beda Dengan F1

Marquez vs Lorenzo

ManiakMotor – Mantan master of ceremony (MC) yang membuat adrenalin penonton ikut terpompa di MotoGP, Nick Harris memberi catatan. Lomba di Red Bull Ring, Austria kemarin terutama hiruk-pikuk dari sesi latihan, kualifikasi sampai lomba antara Ducati vs Honda. Lebih khusus lagi duel seimbang antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Nah, F1 alias jet darat yang sedang krisis harus belajar dari situ.

MotoGP bisa selalu dipadati penonton langsung seperti Austria nyaris 100.000 pasang mata, karena aturan. Di MotoGP selalu ada inovasi regulasi yang brilian menegaskan balapan yang selalu seimbang. Juga dipastikan tidak ada merek yang dibela seperti yang masih terjadi di ARRC, hehe…!

Nggak, nggak… dia nggak sebut ARRC, becanda bro, “Dengan aturan cerdas setiap saat,  akan melahirkan pembalap selebriti seperti artis di dunia film. Kunci aturan tersebut selalu ada duel berdekatan setiap lomba antar merek. Penting untuk komersil buat permirsa di televisi dan yang nonton langsung,” papar Harris yang menulis belakangan ini MotoGP sangat ketat yang di depan.

Penonton dijamin akan setia seperti di Austria yang nggak peduli dibakar sinar matahari. Malah antusias mengibarkan bendera, asap kuning khas VR46, hehe dan begemuruh dengan vokal yang teratur. Bising seharian penuh!  Mereka memang menyukai semua yang ada di MotoGP.

“Bandingkan dengan F1 yang digelar di Austria di sirkuit sama awal tahun ini, finish pada lap yang sama cuma tiga mobil. Itu dari 71 lap lomba Formula One. Di MotoGP hanya beda koma detik seluruhnya finish,” tambah Harris sembari sebut nama Ross Brawn. Brawn, manusia paling berpegalaman di F1 yang diharapkan menonton MotoGP di Austria.

Sebelum kelas puncak (MotoGP) pun penonton disuguhi kontes Moto3 dan Moto2 yang malah lebih fantastis ketatnya. Dua kelas ini istilahnya sebelum makan besar yang enak, ada makanan pembuka. Kalau di restoran mewah Moto3 dan Moto2 disebut appetizers dan MotoGP adalah dessert atau makanan penutup yang gurih sekali dan itu yang bicara masih si Harris. Miolo

BAGIKAN