Pasca GP Prancis 2018: Lintasan Le Mans Membantu Rossi Podium, Bukan Motornya

ManiakMotor – Dari omongan Valentino Rossi podium semata wayang setelah ronde ke-5 MotoGP tahun ini, bukan karena motor, tapi lintasan. Sirkuit Le Mans, Prancis yang digunakan kemarin 20 Mei 2018, kaya akan grip. Suhunya juga agak adem yang membuat kompon bannya normal sepanjang balapan.

Kalau motornya sih katanya belum bisa diukur perkembangan teknisnya, walau ada beberapa modifikasi pada M1. “Naik podium ini semata dibantu lintasan. Lintasan Le Mans telah membantu kami,” sebut Rossi yang dengan ke-3 kemarin membantu klasemennya ke posisi 4 dengan point 56.

Sebelum balapan di Le Mans, Rossi cerita dengan karakteristik Le Mans yang datar, momentum menikungnya sebentar-sebentar, elektronik tidaklah begitu penting. Saat motornya bisa melakukan perlawanan, dia juga mengklaim secara mekanik M1 baik-baik saja.

Jadi persoalan memang hanya pada elektronik yang saat ini jadi perdebatan. Pertama karena SDM dan sebagainya deh, “Podium memang penting. Tapi situasi kami saat ini, lagi kesulitan masalah teknik,” tambah pembalap Italia yang saat ini terpaut 39 angka dengan pemimpin klasemen Marc Marquez.

Rossi masih tetap berharap ada kemajuan pesat pada elektroniknya. Tidak semata ‘dibantu’ sirkuit. Macam di Mugello nanti yang juga histrorisnya juga M1 cocok di sana. “Mugello adalah trek bagus untuk Yamaha. Bila tekniksnya meningkat, itu paduan yang luar biasa di Mugello,” pungkas Rossi. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Hasil MotoGP LeMans Prancis 18 – 20 Mei 2018 Moto2 Dan Moto3

Pasca Race MotoGP LeMans 2018: Marquez Memainkan Strategi Tak Biasa

BAGIKAN