nhk

Pasca MotoGP 2017 Amerika: Penjelasan Race Director Mike Webb, Penalti Rossi

46-rossi vs JarcoAmerika 2017

ManiakMotor – Oh ternyata penalti 0.3 detik setelah finish pada Valentino Rossi bukan masalah senggolan. Lha iyalah. Rossi menghindar dari Johann Zarco, itu sudah benar. Tapi ada yang keliru juga dalam tindakan Rossi di sirkuit Austin 23 April 2017 dalam rangka ronde 3 MotoGP tersebut.

Itu dikatakan Race Director MotoGP, Mike Webb. Katanya, Rossi keluar jalur lantaran dipaksa oleh pembalap lain. “Itu tidak salah,” kata Webb. “Tapi dia (Rossi) juga tidak boleh menambil keuntungan dari situasi tersebut. Dia harus kembali ke posisi sebelumnya dengan selisih yang sama sebelum kejadian. Sebab Rossi memotong jalur,” jelas Mike yang memang bertugas mengawasi tindak-tanduk pembalap di sirkuit.

Karena Rossi tetap melaju dan malah sudah mendekati Marc Marquez, maka penalti terapksa diterapkan. Dan itu sudah menjadi aturan baku di balap motor. Beda lagi kalau cara memotong jalur disengaja, hukumannya lebih berat lagi. “Hukuman penalti ini, meniadakan keuntungan dari potong jalur tadi. Bukan persoalan senggolan dengan Johann,” tegas Webb.

Hukuman tetap berlaku buat Rossi sampai finish dan tetap kedua, lantaran Dani Pedrosa yang ketiga ditinggal 2 detik lebih. Bila 2 detik itu dikurangi 0,3 detik, Rossi tetap unggul dari Pedrosa. Beda cerita saat finish misalnya, Rossi hanya unggul 0,2 detik, ya terpaksa podium kedua diserahkan pada Pedrosa. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353