nhk

Pasca MotoGP Amerika 2019: Rossi Melemah Separuh Lomba, Tetap Mensyukuri 20 Point

ManiakMotor – Dari data sebenarnya Valentino Rossi lebih cepat awal lomba dari Alex Rins yang akhirnya juara di GP Amerika. Rins lebih konstan laju motornya di separuh lomba di sirkuit Austin pada 14 April 2019 tersebut.

Kesempatan juara dari Rossi yang sudah lama diidamkan pun sirna. Rossi terakhir juara di Assen 2017. Rossi telah melihat peluang tersebut setelah lawan berat buat semua pembalap Marc Marquez jatuh di lap 9, “Perasaan saya jadi campur aduk. Satu sisi menyesal karena sudah lama tidak menang. Di lomba ini adalah peluang besar. Sisi lain saya masih podium,” kata Rossi yang mengakui melakukan beberapa kesalahan hingga terkejar oleh Rins.

Boleh dilihat pada fastest lap Rossi yang didapat sejak awal, tepatnya di lap keempat dengan 2’04.495. Catatan itu lebih laju dari fastest lap Rins yang juga pada lap keempat mencetak 2’04.605. Saat itu fokus Rossi mengejar Marquez dan terus ingin mendekati.

Tetapi kejaran Rossi pada Marquez yang akhirnya kabur dan jatuh pula, turut menguras ban dan bisa jadi juga fisik. Ingat, sirkuit Austin adalah sirkuit fisik. Rins yang jauh lebih muda dari kejauhan pun bisa mendekatinya. Rins makin bersemangat lantaran buntut Rossi sudah kelihatan olehnya.

Rins sebenarnya sejak lap ke-9 sudah posisi ketiga, maksudnya sudah di belakang Rossi. Sejak lap 13 catatan Rins justru lebih konstan di 2 menit 5 detik koma kecil, sedang Rossi koma besar, “Marquez jatuh  kesempatan untuk menang. Coba maksimal dengan membalap yang rapi. Tapi ternyata Rins juga cepat. Dia membalap sangat baik, terutama dalam pengereman,” pasrah Rossi.

Rossi usai diambil Rins masih berusaha menyodok di R1 namun melebar. Sejak itu time-nya kesulitan menyamai Rins yang lagi kesetanan. Rossi hanya lebih cepat di lap terakhir, namun sudah terlambat, sebentar lagi finish. “Saya telah melakukan segalanya. Lap terakhir itu ada kesempatan, sayang melakukan dua kesalahan lagi dalam pengereman,” tutup Rossi yang tetap mensyukuri 20 point ketimbang memaksa kejar Rins dan gagal sama sekali. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Amerika 12 – 14 April 2019 Moto2 Dan Moto3

Pasca MotoGP Amerika 2019: GSX-RR Bersama Alex Rins Layak Juara..!

Race MotoGP Amerika 2019: Marquez Jatuh, Duel Rossi Vs Rins… Pemenangnya?

 

BAGIKAN