nhk

Pasca MotoGP Aragon-1 2020: Sesuai Janji Sahara Bikin Rins Juara, Mir Podium Pimpin Klasemen..!

ManiakMotor – Saat Alex Rins dan Joan Mir podium bersamaan di sirkuit Catalunya, Spanyol, diklaim dampak penyegaran pada Suzuki GSX-RR. Tidak berlebihan mengingat Suzuki sejak 13 tahun lalu belum pernah dua jokinya bisa podium bersamaan. Proyek memperbaiki kinerja GSX-RR akan terus ditingkatkan lewat elektronik, rangka dan suspensi, ya karena mesin di masa Covid-19 dikunci.

Telah ada hasil susulannya, malah lebih telak pada proyek yang dipimpin Shinichi Sahara sebagai mbahnya teknsisi si Suzy tersebut. Yakni juararanya Alex Rins di Aragon-1 pada Ahad 18 Oktober 2020. Juga podium ketiga Joan Mir yang sekaligus si Mir merebut pimpinan klasemen sementara dari Fabio Quartararo (Yamaha).

Rins sebenarnya dijagokan alias pembalap pertama Suzuki, sayangnya dia cidera sejak awal serial. “Berjuang keras dengan cedera dari Jerez. Belum lagi kegagalan beberapa seri seperti Le Mans atau Spielberg. Yang pasti, saya akan meniti  dari seri ke seri yang tersisa. Saat ini Suzuki punya Joan (Mir) yang konsisten dengan pointnya,” bijak Rins saat dia coba dikompori berebut klasemen.

Rins lantas bilang dari segi motor, sungguh luar biasa, terutama ketahanan bannya yang dipengarruhi balance bodi, sasis dan suspensi. “Bila GSX-RR ini dimainkan tanpa beban seperti saya di klasemen ke-7, sangat nikmat. Misalnya saat fase sulit, yang tidak mudah  tetap tenang ketika dikejar Alex (Marquez). Motor tetap terkontrol dan saya tidak membuat kesalahan,” tambah Rins dengan senyum-senyum terus karena ada pendukungnya yang datang dari desa-desa sekitar Aragon.

Sekarang si Mir yang podium ketiga sekaligus menambah 16 point di klasemen dan membuatnya memimpin dengan 121. “Positif dengan mencetak poin penting. Juga  kecewa sikit, terlalu berharap enghemat ban lewat cara membawa GSX-RR sangat lembut  dengan target bagian akhir balapan. Eh malah dilewati Alex (Marquez). Saat itu, sisi kiri ban depan sudah kritis ndak bisa lagi menyerang,” terang Mir sambil bilang secara keseluruhan konsistennya terbantu GSX-RR-nya yang prima.

Itu pun katanya, kehabisan sisi kiri ban asimetris yang sebenarnya sisi kirinya lebih kuat, karena kecerobahannya. Mir mengaku kurang benar memperlakukan komponnya, saat separuh balapan sudah mulai terpancing ‘emosi’-nya.

Itu berkat Sahara juga. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Hasil MotoGP Aragon-1, Spanyol 16 – 18 Oktober 2020 Moto2 & Moto3

Jelang MotoGP Le Mans 2020: Shinichi Sahara, ‘Mbahnya’ Korekan Suzuki GSX-RR Joan Mir..!

MotoGP Aragon 2020: Hasil Hari Pertama Suzuki Joan Mir Bayangi Quartararo Dan Yamaha..!

Race MotoGP Aragon-1 2020: Rins Juara, Mir Pimpin Klasemen, Kejutan Dari Alex Marquez..!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353