nhk

Pasca MotoGP Aragon-2 2020: Morbidelli & Tim Berhasil Setel M1 Awet Ban..!

ManiakMotor – Setelah menang di Misano-1 empat seri selanjutnya Franco Morbidelli  ‘dilupakan’ percaturannya di klasemen. Karena memang nggak bergerak dari posisi 5 dan malah turun peringkat ke-6. Tapi diboom lagi saat juara di Aragon-2, Spanyol pada Ahad 25 Oktober 2020.

Dengan menang telak di Aragon-2, Morbidelli yang murid dari VR46 Riders Academy dan membela Petronas Yamaha SRT itu, masuk ke posisi 4 klasemen. Ia gantikan Andrea Dovizioso (Ducati) dan hanya terpaut 6 angka dari Maverick Vinales (Yamaha) yang ke-3 di klasemen. Beda 11 angka dari rekan setimnya Fabio Quartararo di posisi 2 dan 25 point dari yang memimpin klasemen Joan Mir (Suzuki).

Dengan tersisa tiga ronde peluang masi ada pada Morbidelli untuk impian juara dunia, “Kalau juara selalu sebut balapan yang indah. Dan mungkin terbaik dalam hidup saya. Karena sesuai strategi yang ada dalam otak, harus melakukan balapan agresif dan barhasil,” terang Morbidelli yang sejak sesi latihan bebas sudah kelihatan potensinya di Aragon-2.

Morbido bilang awal balapan dia agak terhalang oleh Takaaki Nakagami (LCR Honda). Tapi begitu Nakagami jatuh sebelum satu lap, dia mengaku banyak ruang, “Ruang itu sangat bebas bebas di depan. Saya bicara pada diri sendiri harus memberikan segalanya,” tambah Morbidelli yang melengkapi tiga pembalap M1 berebut kejuaraan dunia 2020.

Menurut pembalap berdarah Italia-Brasil itu, dia dan timnya berhasil membangun set-up motor dengan tepat. Tentu saja belajar dari Aragon pertama yang hanya ke-6. Merka fokus pada penyelan kaki-kaki M1 yang dipimpin teknisi senior Ramon Forcada. Sasaran penyetelan adalah ban yang awet sampai finish, tanpa banyak menganggu keausan kompon yang jadi kelemahan M1 selama ini.

“Makanya yakin dengan pekerjaan tersebut sejak sesi latihan. Saya sangat percaya pada motor, terutama cengkeraman ban. Makanya bisa konsentrasi maksimal untuk  konstan. Dengan begitu, saya bisa membalap dengan alami, ya meneguk segelas air,” lanjut Morbidelli yang tidak memungkiri 4 lap sisa ada masalah pada grip, namun dia tahu semua lawan juga punya masalah sama. Raider

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Race MotoGP Aragon-2 2020: Nakagami Jatuh, Morbidelli Juara, Mir Podium 3..!

Warm Up MotoGP Aragon-2 2020: Nakagami Lagi, Morbidelli Dan Alex Marquez..!

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353