nhk

Pasca MotoGP Aragon 2018: Rossi Mengirim Sinyal ‘Api’ Ke Yamaha, Dijawab Michelin

ManiakMotor – Kembali Valentino Rossi mengirim sinyal api ke Yamaha di Iwata, Jepang. Tentu dari rentetan MotoGP Misano lantas kembali hancur di GP Aragon sejak sesi latihan bebas. Di kualifikasi lari M1 Rossi dan Vinales berbeda 1 sampai 1.5 detik dengan lawan terdepan. Kasihan…!

Lagi-lagi di Aragon persoalan sama dengan minimnya senyawa Michelin di roda M1 dengan aspal. Licin! “Sulit membalap dengan motivasi yang tinggi, jika dasar motor sudah kalah 1.5 detik setiap lap. Yamaha harus tahu, kenapa ini?” sebut Rossi yang sama saja mengirim bola panas ke Yamaha, bukan api, itu mah terjemahan bebas. Rossi saat balapan ke-8 dan start dari grid 17, maju satu grid karena Franco Morbidelli mundur 6 posisi lantaran dipenalti. Aslinya dari hasil kualifikasi, Rossi ke-18.

Di saat sama, pasukan Michelin sebagai penyedia ban sudah meluruskan masalah. Bahwa, M1 tanpa grip menggunakan ban yang sama dengan yang dipakai Ducati dan Honda. “Masalah Valentino 2018 tidak ada hubungan dengan Michelin. Semua tipe ban yang diproduksi sama untuk semua pembalap,” kata Piero Taramasso dari Michelin.

Itu diiyakan Rossi sendiri. Bahwa dia nggak memasalahkan Michelin, tapi motor yang membuat Michelin jadi lebih licin saat dipasang pada roda M1. Bahwa motornya tidak bisa membuat ban belakang berfungsi layaknya seperti Honda dan Ducati. Bahkan Honda RC213V Marquez untuk belakang ketika lomba pakai soft selamat dengan juara sampai finish. Berarti memang motornya.

Pendeknya, Rossi meminta Yamaha untuk bertanya pada diri sendiri, kenapa ini terjadi? Kenapa sudah berselang 15 bulan berlalu, belum bisa diatasi maka belum bisa juara? “Yamaha dan saya juga, harus bertanya pada diri sendiri, mengapa? Situasi teknik saat ini sangat sulit buat Yamaha,” kata Rossi berulang-ulang dan saat ini di klasemen sudah ketiga dan mulai ditinggal oleh posisi kedua sebelumnya ditempatinya.

Bagaimana Yamaha di Jepang? MM

BACA JUGA

Pasca MotoGP Aragon 2018: Vinales Kecewa, Semua Area M1 Lemah, Kalah Dengan Motor Satelit

Pasca MotoGP Aragon 2018: Lorenzo Menuding, Marquez Sudah Minta Maaf..!

Jelang Race MotoGP Aragon 2018: Macam Mana Yamaha? Rossi Frustrasi..!

Jelang Race MotoGP Aragon 2018: Marquez ‘Membantu’ Yamaha Agar Kencang, Penantang Ducati

BAGIKAN