nhk

Pasca MotoGP Aragon 2018: Vinales Kecewa, Semua Area M1 Lemah, Kalah Dengan Motor Satelit

ManiakMotor – Pengembangan M1 2018 menurun, di sisi lain Lawan meningkat. Ukurannya sangat jelas di sirkuit Aragon di MotoGP tahun lalu, dibandingkan tahun ini. Nggak usah yang ruwet pembandingnya, catatan waktu saja. Tahun lalu Maverick Vinales bisa pole dengan 1’47.635. Valentino Rossi sendiri 1’47.815 masih bisa fron row atau ketiga.

Macam mana Vinales nggak kecewa, tahun ini catatan waktu terbaiknya 1’47.810 yang didapatnya di Q2 yang membuatnya ke-11. Itu artinya nggak bisa mendekati tahun lalu, untuk ukuran diri sendiri. Apalagi, Rossi sama sekali tak bisa berlari di bawah 1:48, “Sudah semua set-up dibikin. Juga semua cara menaikinya diperagakan, semua gagal. Jujur ini terburuk buat saya dengan Yamaha,” kata Vinales, sementara cerita Rossi sudah ditulis di sini.

Lalu potret lawannya. Terutama Honda dan Ducati yang sesi latihan bebas saja sudah berseliweran pada kecepatan 1 menit 47 koma kecil. Dikualifikasi dengan motor yang disetel ringan membawa bahan bakar sedikit, kecepatan mereka 1 menit 46 detik. Bahkan M1 kalah dengan dua Suzuki dan para pengebut satelit Honda dan Ducati. Walah…

Lebih jauh… para insinyur di belakang M1 lagi panik, 23 seri nggak pernah juara bro. Bingung melangkah yang tepat untuk menegakkan benang basah. Laporan dari pembalap sudah komplikasi. Tadinya elektronik yang akurasinya kurang bekerja sama dengan akselerasi. Sasis yang sangat sensitif pada suhu meningkat bikin ban jadi licin. Kalau mesin sebenarnya belum bisa dibilang harus diganti, sebab akselerasi yang payah juga pada akhirnya mesin tidak berfungsi semestinya.

Masih cerita Vinales yang mengaku sudah punya inisiatif mengubah cara duduk, posisi badan, trik ngegas dan sebagainya, tetap saja. Malah katanya, dia sudah malas membandingkan dengan Honda pabrik atau Ducati pabrik, telak ketinggalannya.

“Dengan motor satelit saja kalah. Di Aragon ini, semua bagian motor tidak berfungsi semestinnya. Di mana-mana licin,” tambah Vinales yang harusnya start dari ke-11 tapi turun 3 posisi karena kena diskualifikasi melambat saat Q2. Hasil akhir Vinales ke-10 ynag tertinggal 23 detik dari juara.

Ketinggalan hampir 1 detik setiap lap. Pekerjaan rumah yang sungguh berat. Jangankan menambah 1 detik, setengah detik saja waw… Miolo

 

 

BAGIKAN