nhk

Pasca MotoGP Aragon 2019: Penjelasan Rossi Soal Petaka Ban Pada Semua Yamaha

ManiakMotor – Bukan hanya Valentino Rossi yang kerepotan menanggulangi grip saat balapan di Aragon, Spanyol pada Minggu 22 September 2019, kemarin. Malah yang tragis Maverick Vinales yang sudah kedua dan berusaha mengejar Marc Marquez, tapi terpaksa rela memelankan motornya. Grip mereka sudah drop bangat.

“Umumnya semua pengguna Yamaha pada Minggu memilih ban keras belakang. Tapi ternyata buat saya sejak awal bermasalah. Menunggu grip ideal nggak dapat, malah yang ada kehabisan kompon sangat cepat. Saya lebih menderita dari pada Vinales dan Quartararo,” papar Rossi yang akhirnya ke-8 dan start dari grid 6.

Berbeda dengan Vinales yang di akhir-akhir lap justru ban hardnya terkikis. Bagi Vinales itu terjadi, karena motor dan dirinya hanya bisa ambil kesempatan cepat di tikungan-tikungan. Justru kencang di tikungan tersebut semakin mempercapat habisnya ban. Serba sulit, karena Yamaha kalah di trek lurus dengan Ducati dan Honda.

Sementara seperti yang tiga pembalap podium diisi Marc Marquez, Andrea Dovizioso dan Jack Miller, motor mereka memakai ban lebih lembut dari pada Yamaha. Kok asyik-asyik saja sampai finish.

“Sebenarnya ini bukan masalah kualitas ban. Tapi memang persoalan Yamaha yang harus terus dilacak samppai saat ini. Begitu dapat grip, tapi ban cepat habis. Ya ini masalah kami soal struktrur M1  dan penyetelannya, bukan ban,” tambah Rossi yang geregetan dengan ban dari lomba ke lomba.

Masih menurut Rossi, di paruh musim ini motor meningkat lantaran dari beberapa modifikasi. Tapi selalu bermasalah dengan cengkeraman dan degradasi ban. Itu yang terus mereka cari sampai saat ini dan berharap sembuh total untuk M1 2020. M11

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Aragon 20 – 22 September 2019 Moto2 Dan Moto3

Pasca MotoGP Aragon 2019: Marquez Kaget Di Podium Dovizioso Di Sampingnya

Race MotoGP Aragon 2019: Marquez Menang Mudah, Ducati Pintar, Yamaha Kehabisan Ban

BAGIKAN