nhk

Pasca MotoGP Austria 2018: Lorenzo Makin ‘Pintar’ Bawa Ducati, Bisa Baca Trik Marquez

ManiakMotor – Yang boleh diacungi jempol insinyur yang bikin Ducati GP18 dikebut Jorge Lorenzo. Pakai ban soft depan dan belakang tapi bisa bertempur sampai akhir lomba dengan Honda Marc Marquez yang pakai ban lebih keras. Itu terjadi di sirkuit Red Bull Ring, Austria pada Ahad 12 Agustus 2018.

Tentu juga cara Loronzo yang terkenal dengan halusnya membawa mesin. Dia mengakui untuk 10 lap awal harus bermain sangat sabar, “Kesabaran dalam hal menghemat kompon dan besin. Saya rasa lawan saya seperti Marc juga melakukan hal sama,” tutur Lorenzo yang juga menyetel ulang gaya balapnya di sektor tiga dan ternyata berhasil.

Bensin dan kompon memang krusial tehadap model sirkuit di negaranya pembuat motor KTM tersebut. Sirkuit yang hampir semua bagian menggunakan putaran tinggi terhadap engine. Juga di beberapa bagian dari kecepatan 300 km/jam harus memelankan motor sampai 70 km/jam.

Tapi menurut Lorenzo ada yang berubah dari kecepatan Marqeuz. Idealnya Marquez berlari rata-rata 1 menit 24.2 atau 3 detik. Tapi ini, Marquez lebih pelan mulai pertengahan balapan dari 28 lap tersedia. Sehingga membuatnya bisa menangkap buntut Marquez.

Lorenzo tahu betul, pasti kompon medium dan hard digunakan Marquez ternaggu oleh lapisan ban Dunlop yang ditinggalkan Moto2. Tapi seorang Marquez befitu dilewati, pasti melakukan perlawanan, “Dan itu sudah saya pikir matang. Harus siap duel. Terutama dalam hal bahan bakar sudah menipis dan ban krusial. Tapi inilah permainan terbaik saya di MotoGP,” tambah Lorenzo di Crash.

Artinya dia sudah bisa baca trik Marquez. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

MotoGP 2019: SIC Yamaha Petronas Diperkuat Morbidelli Dan Pemuda 19 Tahun

 

 

BAGIKAN