nhk

Pasca MotoGP Austria 2018: Maaf Yamaha Soal Pengiriman Akselerasi M1 Yang Kurang Tepat

ManiakMotor – Kacau balau M1 Valentino Rossi dan Maverick Vinales sejak sesi latihan di sirkuit Red Bull Ring, Austria, kemarin memaksa para bos Yamaha minta maaf. Terutama pada kinerja elektronik M1 mengirim sinyal antara cenkeraman ban dan aspal yang tidak tepat. Akurasinya kurang!

Yang hadir minta maaf ramai-ramai dari jajaran manajemen Yamaha. Yakni  Manajer Pemasaran & Komunikasi William Favaro, Direktur Pelaksana Yamaha Racing Lin Jarvis, Direktur Tim Massimo Meregalli dan Pemimpin Proyek Yamaha M1 MotoGP Kouji Tsuya, “Kami berhutang pada pembalap dan juga pada media,” kata Favaro terus terang pada kelemahan M1 sekarang.

Tsuya yang sangat mengerti teknik M1 memaklumi ngedumelnya Rossi dan Vinales di Austria. “Kami akui di Austria ini sangat minim akselerasi yang didapat. Saya harus minta maaf pada pembalap terhadap kinerja elektronik yang sampai sekarang kami kebut pengerjaannya. Drive pengiriman daya pada roda yang tepat real time adalah fokusnya,” pasrah Tsuya.

Seperti disebut Rossi, dia nggak hanya ingin dengar permintaan maaf dari Yamaha, tapi solusi yang dibawa mereka. Sebab persoalan ini bukan tahun ini saja, “Malah Agustus tahun lalu saya sudah meminta untuk segera ditanggulangi. Terutama elektronik yang kelola akselerasi,” kata Rossi dari tempat terpisah saat dia gagal masuk langsung ke kualifikasi utama atau Q2.

Hasil akhir lomba di Austria, Rossi bisa berjuang sampai ke-6. Sedang Vinales finish ke-12. Sangat jauh dari harapan Rossi untuk berjuang sudah 21 balapan nggak pernah juara seri. Sangat buruk untuk kelas Yamaha. Miolo

BAGIKAN