nhk

Pasca MotoGP Belanda 2017: Marquez Berjuang Dengan Stabilitas RC213V, Tidak Di Sachsenring

93 marc assen2017a

 

ManiakMotor – Stabilitas ditandai motor goyang-gyang RC213V nggak sempat diatasi sampai tuntas di lomba Assen, Belanda pada 25 Juni 2017. Maklum, rencana hari kedua untuk mengurangi joget-nya itu, Assen malah hujan. Termasuk di sesi terakhir atau warm-up juga basah, yang kering justru saat lombanya. Mekanik dan dirinya, nggak sempat menyusun set-up stabilitas.

Itu yang jadi alasan Marc Marquez pasrah saja saat dilewati Valentino Rossi dan juga tak bisa mengejar Johann Zarco. Dia malah sibuk menenangkan motor setiap tikungan panjang. “Dalam situasi kering pada Jumat, pembalap Yamaha selangkah di depan. Di saat sama stabilitas motor kami butuh perjuangan. Silakan lihat saat lomba saat masih kering, motor selalu bergeser dan goyang di tikungan cepat. Sudah syukur podium,” sebut Marquez yang mengaku akan berjuang penuh di Sachsenring, Jerman, minggu ini.

Saat hujan datang di ujung lomba juga sama. Konsentrasi si MM terfokus antara siapa yang empat di depan yang akan masuk pit. Tentu juga berusaha bisa ke depan. Sayang, katanya Rossi dan Danilo Petrucci terlalu cepat saat hujan. “Malah sibuk membendung Dovisioso dan Cal. Sekali lagi dengan angka 16 point, itu sudah hasil maksimal,” tambah Marquez yang kembali bicara sirkuit di Jerman.

Baginya sirkuit Sachsenring yang berlawanan arah jarum jam dan tikungannya sangat berdekatan itu, milik Honda. Selain itu, cocok dengan gayanya berkendara. Sejak ke MotoGP dia sulit dikalahkan di sana. Ya kira-kira seperti Rossi susah ditaklukan di Assen.

Marquez juga tentu berharap banyak di Sachsenring, mengingat situasi klasemen sangat rapat sekarang. Jadi rapat lantaran Maverick Vinales yang disebut Marquez akan jaya di Assen, sebaliknya malah jatuh. Lalu yang juara Rossi sehingga sampai posisi 4 yang ditempatinya hanya beda 11 point. Apabila dia menang di Assen, peta klasemen makin panas. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN