nhk

Pasca MotoGP Belanda 2018: Dovi Dan Rossi Saling Menyalahkan, Sebab Marquez Lepas

ManiakMotor – Saling menyalahkan antara Valentino Rossi dan Andrea Sovizioso dari ketatnya balapan di Assen, Belanda pada Minggu (1/7). Itu sebenarnya rentetan ‘kesalahan’ yang dilakukan pembalap di belakang Marc Marquez pada 5 laps to go, pasti sebelum finish.

Saat itu, yang di belakang Marquez ini, ya Rossi dan Dovizioso. Tapi keduanya malah hancur-hancurkan racing line, kebanyakan saling over take. Cuma tahu sendiri, Rossi lagi kejar target agar 18 kali seri merek yang dibelanya hampa juara. “Jujur saja 10 lap terakhir saya memaksakan kecepatan. Sebenarnya lebih lambat dari itu. Saya sudah menjalankan balapan dengan benar,” papar Rossi yang akhirnya hanya ke-5.

Khusus dengan Dovizioso pada dua lap akhir dan Marquez sudah sulit dikejar, posisi Rossi kedua. “Tapi tiba-tiba muncul Dovizioso yang menunda pengereman. Saya sedang di dalam dan itu jalur saya,” kata Rossi menyalahkan Dovizioso yang membuat keduanya out lantas diserobot Maverick Vinales dan Alex Rins.

Dilihat dari laju, yang punya kesempatan terus menempel dan meminjam angin (slipstreaming) dari Marquez adalah Doviziso. Nanti Rossi tinggal hitung-hitungan di lap akhir, kalau mau. Pinjam angin ini manjur di Belanda. Makanya ada tujuh pembalap di depan seperti gerbong kereta dari 26 lap, lantaran itu .

Sayang Dovizioso di lintasan sempit Assen ini harus atur jalur cermat ketimbang pengendara Honda, Yamaha dan Suzuki. Dia  sering terganggu oleh Rossi sendiri, Vinales dan Rins. Maka kaburlah Marquez, “Khusus dengan Valentino, sebenarnya itu masalah pengerem Valentino. Dia melakukan pengereman dua kali. Posisi saya juga pengereman yang sama, sayang kami berdua terdorong keluar,” kata Dovi yang mengaku sudah meminta maaf pada Rossi pada insiden di tikungan akhir tersebut.

Tapi begitulah balapan yang ketat dan baru terjadi sepanjang 2018 ini, siapa pun bisa melakukan kesalahan. Bahkan Marquez yang juara kakinya sudah lepas dari pijakan. Asyik memang nontonnya. Ulang lagi dong di ronde berikutnya. Raider

BAGIKAN