nhk

Pasca MotoGP Brno 2018: Rossi Acuh Pada Point 6000, Tapi Motor Nggak Laju

ManiakMotor – Dari data lap ke lap di sirkuit Brno, kecepatan M1 Valentino Rossi memang kurang ‘seimbang’. Itu dibanding tiga yang di depan. Apalagi di akhir-akhir lap yang berlangsung Ahad 5 Agustus 2018.

Rossi hanya sekali dapat 1’56, itu pun koma gede yang tepatnya 1’56.992 yang dicetak pad lap ke-6. Ini pun diukir saat ban masih segar. Selebihnya 1’57 koma tengah, “Saya nggak cukup cepat untuk mengejar tiga pembalap di depan. Mereka terlalu laju,” jujur Rossi yang sama sekali tak sebut dia dapat 6000 poin sepanjang karirnya dengan tambahan 13 point dari hasil ke-4.

Menurut Rossi tiga pembalap  di depan macam Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, punya akselerasi lebih baik. Sedangkan motornya selalu kalah di area itu setiap keluar tikungan. Dia mampu mengimbangi, tapi sudah bekerja keras alias di atas limit kemampuan motor yang riskan jatuh.

Sementara yang dilawan Rossi macam Dovizioso 4 lap terakhir mampu mencetak rata-rata 1’56, total dia dapat 5 kali 1’56 dan paling cepat 1’56.742. Lorenzo juga empat kali cetak 1’56 dan paling cepat 1’56.640 di lap terakhir. Demikian pula Marquez yang empat kali dapat 1’56 dan lap terakhir tercepatnya 1’56.729. Bandingkan saja dengan Rossi yang hanya sekali.

Maaf tidak seperti berita kemarin dalam tulisan cepat. Rossi memilih medium di belakang dengan alasan kalau hard malah makin sulit dikontrol, “Sedang ban depan baik-baik saja. Persoalan dari belakang yang sulit menyamakan kecepatan dengan tiga lawan cepat itu,” tambah Rossi seperti meluruskan cerita dari maniakmotor.com. Ya maaf deh, sekali lagi!

Kembali Rossi mengkritik Yamaha dalam test hari ini (Sening 6 Agustus) di sirkuit yang sama. Katanya, Yamaha hanya membawa sedikit item yang akan diuji. “Kami punya sesuati, sayangnya itu bukan hal yang besar,” tutup Rossi dan silakan lihat hasil test yang sedang berjalan di Brno. Raider

BAGIKAN