nhk

Pasca MotoGP Brno 2020: Pol Espargaro Yang Salah Yang Dihukum Zarco..!

Zarco vs Pol

ManiakMotor – Banyak yang menyorot insiden Pol Espargaro (KTM) dan Johann Zarco (Avintia Ducati). Yang salah dibenarkan dan yang benar disalahkan. Kira-kira begitu hukuman long lap fenalty yang diterima Zarco.

Kejadiannya di lap 9 di sirkuit Brno, Ceko pada Minggu 9 Agustus 2020. Nggak perlu minta pendapat dari para ahli seperti komentator televisi, penulis juga ngerti kok.

Diawali KTM Pol yang pengeremannya kurang tepat membuatnya out. Otomatis meninggalkan celah buat Zarco yang persis di belakangnya. Tapi Pol seolah tidak bikin kesalahan kembali pada racing line-nya. Tapi begitu kembali ternyata sudah ada Zarco di situ, ya sudah terjadi senggolan membuat Pol meluncur ke gravel dan berhenti berlaga.

Pol seolah nggak ngerti saat itu balapan ketat alias salah sikit jalurnya diambil yang lain, “Siapa pun pembalap bila sudah salah line, ya harus kontrol ulang keadaan  di sampingnya. Saya lihat Zarco tepat mengambil celah tersebut,” bela Casey Stoner yang pensiunan dua kali juara dunia MotoGP. Dia heran yang kena hukuman justru Zarco dengan long lap tadi.

Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabiatti, menganggap  Panel Stewards MotoGP FIM sangat keliru mengambil tindakan. “Pol pasti tahu saat dia bikin kesalahan, karena itu tikungan pertama. Pol baru melewati start-finish berkumpulnya kru memberi informasi  bahwa Zarco berada 0 detik sekian di belakangnya,” kata Ciabatti dengan geram.

Ciabatti juga memperkuat pendapat Stoner. Katanya, bila seorang pembalap melakukan kesalahan untuk kembali ke posisi normal harus memastikan keadaan sekitarnya, “Sebab bukan dia saja yang balap saat itu. Sedang Zarco seperti biasa berlari di racig line normalnya. Harusnya yang kena hukuman justru Pol, ini malah sebaliknya,” tambah Ciabatti pada hukuman itu yang telah diberitahu IRTA pada timnya. Bila tak melaksanakan long lap, Zarco akan kena bendera hitam.

Mungkin, hanya mungkin, para pengadil MotoGP tersebut termakan sandiwara si Pol. Saat dia bangun dari jatuh gerakan tubuhnya seperti nggak melakukan kesalahan, kayak sinetron.

“Dan memang saya kecewa, ini bukan salah saya,” tulis Pol di IG-nya yang langsung mendapat tanggapan dari netizen, bahwa itu bukan salah Pol, tapi salahnya MotoGP lantaran organisasinya dikuasai Spanyol, hehe. “Makanya saya bilang ini balapan, bukan tarian,” sindir Zarco pada Pol yang musuh utamanya ketika di Moto2.

Untung saja, saat menjalani long lap, Zarco tetap pada kecepatan normal yang juga hampir membuat dirinya jatuh. Zarco tetap podium ketiga. Yang jadi pertanyaan juga, apakah saat long lap tersebut ada aturan kecepatannya kah???? MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Hasil MotoGP Brno 7 – 9 Agustus 2020 Moto2 Dan Moto3

Race MotoGP Brno 2020: Sejarah Binder Dengan KTM Juara, Rossi Beri Selamat Dari M1-nya..!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353