nhk

Pasca MotoGP Catalunya 2017: Momok Ini Bikin Marquez dan Dani Ngeper Kejar Dovi

ManiakMotor – Honda hampir saja mengulang prestasi besar musim ini seperti Jerez dengan finish 1-2. Ketika formasi satu-dua berhasil dipisahkan Andrea Dovizioso, Honda masih punya peluang bisa mengulang hasil balapan di OCTA, Amerika (1-3). Di luar dugaan, keduanya gagal diwujudkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di rumahnya sendiri, kemarin (11/6).

Dalam balapan putaran ketujuh di trek Montmelo, kedua RC213V Big Bang disikat Desmosedici GP17 yang ditunggangi Dovi. lepas 10 lap, Dovi yang  mengandalkan ban keras (Hard) depan-belakang, kian menggila. Meski kalah di trek lurus, Marquez maupun Dani bisa memberi perlawanan.

Ternyata, kedua pembalap Honda dihantui rasa takut jatuh. Apalagi, keduanya pakai ban belakang medium, yang mendekati akhir lomba, daya cengkeram mulai melemah. Tak heran, Dovi bisa meninggalkan jauh MM sampai 3.5 detik.

Marc mengaku terus terang lebih baik menghindari risiko dengan hasil finish kedua. Jatuh sampai empat kali pra-balapan membuat kakak Alex Marquez ini sempat frustasi. Sambil bercanda usai finish Marc bilang, “Saya hampir ingin pulang ke rumah, ogah balapan. Tim mengingatkan saya akan memberi dukungan penuh.”

Juara dunia tiga kali ini hampir tidak bisa tidur semalaman usai kualifikasi. Pasalnya, Lorenzo bisa lebih cepat darinya. “Akhirnya, satu target saat balapan bahwa dirinya harus agresif, konstan, dan cepat. Demi pendukung. Lebih baik jatuh berkali-kali jelang balap ketimbang saat lomba,” tukas Marc soal dia tidak mau mengejar Dovi.

Sementara Dani tidak berani membalas ketika disalip Dovi, dirinya tak ingin insiden Mugello terulang. Ia jatuh di tikungan saat menyalip Cal dari dalam dan keduanya terjatuh.

“Jelang lomba, saya memutuskan ubah suspensi agar bisa lebih baik dengan ban. Ternyata, rencana itu tidak berjalan baik,” kenangnya. Malah, sembilan lap terakhir panas yang membara mulai bikin roda belakangnya aus. Akhirnya, mengambil tampil aman saat dilewati Marc. Rezki

BAGIKAN