nhk

Pasca MotoGP Catalunya 2017: Rossi Hebat, Yamaha M1 ‘Understeer’, Bisa Finish Ke-8

Rossi, Pasca Catalunya, Motogp

ManiakMotor – Valentino Rossi mengaku sangat sedih dengan bencana yang dialami saat balapan di Catalunya. Bila tahun lalu sebagai yang terbaik, kali ini kehancuran bagi The Doctor. Meski dia bilang begitu, sesungguhnya penampilan Vale sangat luar biasa di putaran ketujuh, kemarin (11/6).

Bayangkan, start dari posisi ke-13 ia berhasil menyeret M1 finish kedelapan dengan dua kelemahan utama. Pertama, kurangnya traksi belakang. Dan kedua, adanya gejala understeer (depan kehilangan traksi)  dampak dari tekanan ban. Padahal, Montmelo merupakan salah satu trek favoritnya.

Soal ban, katanya, tingkat daya cengkeramnya sama seperti di Jerez. Bayangkan, dengan ban senyawa medium (depan-belakang), untuk roda belakang pada satu titik, dia tidak boleh telat menutup gas agar traksi tidak turun. “Secara pasti, saya tidak punya traksi dan harus banyak lambat di akhir,” keluhnya.

Tapi masalah terbesarnya, lanjut Rossi, ada keanehan pada M1. Motor mengalami understeer, sehingga dirinya tidak punya keyakinan setiap masuk tikungan. Beda sama Vinales yang bikin dia memble langsung menunjuk ban, sementara Rossi tidak.

Anehnya, Folger dan Zarco, dua pembalap satelit Yamaha Tech 3 yang memakai ban medium (M) depan-belakang – sama seperti Rossi dan Vinales- bisa lebih cepat dari pembalap pabrikan. Mereka finish kelima dan keenam. “Motor tua punya masalah berbeda. Mereka tidak ada tekanan pada belakang dan mudah dikendarai,” uarainya.

Bagaimana pun, penampilan Rossi di Catalunya sangat luar biasa. Dengan tingkat kekurangan yang tinggi, ditambah usia tua, ia masih bisa bertarung hebat. Finish kedelapan pencapaian luar biasa. Hari ini (12/6) Rossi dan Yamaha akan tes di Montmelo dengan menguji beberapa komponen baru. rezki

BAGIKAN