nhk

Pasca MotoGP Catalunya 2018: Rossi Podium, Setahun Tanpa Juara Sampai Di Assen

Rossi membawa bendera Andrea Perez , anak muda yang tewas saat ikut Moto3 FIM CEV di Catalunya minggu lalu

ManiakMotor – Usai GP Catalunya, sudah menunggu seri ke-8 MotoGP 2018 berlangsung di Assen, Belanda. Di sanalah terakhir kali Yamaha berdiri di podium pertama lewat Valentino Rossi tahun lalu. Sampai sekarang tak pernah bisa diulang di sirkuit mana pun. Yang dilakukan Rossi dari Le Mans, Mugello dan Catalunya hanya podium ketiga.

Bagi Rossi masalah tetap pada akselerasi yang berujung pada roda dipasangi ban. Bicara itu keterkaitannya banyak. Dari sasis yang bisa ditune, supensi dan elektronik. Tapi, Rossi sangat yakin, problem dari elektronik. Secara mekanis M1 ok punya, seperti perlawanannya dari Le Mans, Mugello dan Catalunya ini adalah mekanis.

“Begitu berakselerasi masih ada spin. Maka akselerasi ini tidak berjalan tuntas. Ini saya sudah coba dengan Ducati dan Honda head to head. Mereka tak ada spin sama sekali dan jadinya akselerasinya cepat. Kekuatan mesin mereka bisa diantar oleh elektronik sampai ke roda,” papar Rossi dalam omongannya pada Crash.

Termasuk di Catalunya yang menurut Rossi dia tak bisa memaksakan melawan akselari Ducati dan Honda. Jika itu dia lakukan, risikonya akan kehabisan kompon soft dengan banyaknya spin. Yang ada mengatur cara bawanya agar halus untuk memanjemen ban sampai finish dengan podium 3 untuk menjaga point klasemen.

Di Assen yang terakhir dia juara tahun lalu, sistem ini harus dibenahi. Kalau itu bisa ditutupi, bukan tak mungkin M1 akan kembali juara, “Sebelum itu kami akan ada tes. Ada sesuatu temuan semoga bisa menutupi kelemahan ini,” pungkas The Doctor yang sangat tahu akan pertanyaan fansnya sudah lama tak juara seri yang hanya diisi Honda dan Ducati. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya 15 – 17 Juni 2018 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353