nhk

Pasca MotoGP Inggris 2017: Dovi Menang Berkat Taktik ‘Comfort Zone’ Dan Ini Satunya

Dovizioso, Silverstone, motogp

ManiakMotor – Mugello, Barcelona, Austria, dan Silverstone masuk dalam kenangan Andrea Dovizioso. Lebih khusus lagi dua nama terakhir tercatat sebagai prestasi spektakuler dalam perjalanan karir balap di kelas primer. Jika di Austria dia menang lewat persaingan sengit di lap terakhir dan di Silverstone dirinya melibas Marquez, Rossi dan Vinales, kemarin (27/8).

Dengan prestasi menuai empat kemenangan musim ini, Dovi jadi pembalap paling hebat di 2017. Di Silverstone, katanya, ia berada di zona nyaman, tempat yang tepat dan waktu tepat pula. Kredit 60% buat saya dan 40% buat Ducati,” komentar soal kemenangan usai lomba.

Siapa sangka, Italiano yang start dari urutan keenam atau second row mampu menuntaskan balapan ronde ke-12 dengan menuai 25 angka. Sukses ini berkat ia memakai istilah ‘comfort zone’.

Mengandalkan ban keras (depan-belakang), selama 20 lap, terutama di awal-awal lap ia tidak sampai batas maksimal dan ngotot ke depan. Dengan sabar ia menguntit Vinales dan Marquez. Selama masa penguntitan dimanfaatkan mempelajari kelemahan Desmo GP17 di sektor terakhir. Karena, sejak latihan sampai kualifikasi ia telah kehilangan setengah detik di sektor empat dan tidak tahu harus berbuat apa.

Setelah dapat menjaga ban dan merasa mendapat pegangan baik pada belakang, ia pun dengan mudah dapat menyalip Marquez, Vinales dan Rossi. “Dengan cengkeraman baik, saya bisa menyalip dan menempatkan diri di posisi dan waktu yang tepat. Itulah kunci dari balapan dan saya tidak lebih cepat dari pesaing,” papar Dovi merendah.

Nah, dengan posisi pemimpin klasemen sementara, balapan berikut di rumah sendiri Misano, Italia. “Hebat, sesuatu yang nyata tapi saya tahu bahwa trek di sana bukan yang terbaik buat motor kami,” tegasnya. Ah, merendah lagi, nih. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-silverstone-inggris-25-27-agustus-2017-moto3-dan-moto2/

BAGIKAN