nhk

Pasca MotoGP Inggris 2017: Rossi Gangguan Klasik, Pakai Sasis 2018, Ini Keputusan Karirnya

Rossi, Silverstone, motogp

ManiakMotor – Valentino Rossi sudah seperti jadi orang paranormal. Satu hari jelang balapan ronde ke-12, dia mengutarakan targetnya podium ketiga, seperti ditulis portal ini. Ternyata, bak pepatah “Harimaumu, Mulutmu”, jadi kenyataan. Padahal, ia tinggal menyelesaikan dua lap lagi bisa memenangkan MotoGP Inggris di sirkuit Silverstone, kemarin (27/8).

Sakitnya, pada lap 18 itu The Doctor disalip dua pembalap, Dovi dan rekan setimnya Vinales tanpa bisa memberi perlawanan. Namun, dengan finish ketiga ia tetap senang, malah siap melanjutkan karirnya di kelas puncak tahun depan.

Anehnya, ia balap mengandalkan ban kompon keras depan dan belakang dan itu dilakukan semua pembalap papan atas. Terkecuali Vinales, depan keras belakangnya lembut (soft), tapi kok bisa tahan dan malah melibas rekannya. Ini tanda tanya besar, tak cuma pada Rossi semata, tapi Yamaha M1.

Beredar rumor, katanya, kedua pembalap Yamaha sudah pakai sasis 2018. Akan lebih pas jika Rossi yang bilang langsung kenapa dirinya drop. “Saya melakukan awal yang baik dan bisa mengendarai dengan baik. Bisa menikmati karena punya kecepatan yang baik,” sebutnya.

Namun ‘frustasi’ ketakutannya di akhir lomba terwujud dan ia tidak bisa balas menyerang. Ia tidak secara spesifik menunding ban, katanya ada penurunan kecepatan. Ternyata, dari hasil tes di Misano, soal karet bundar hitam ini dibilangnya tidak ada progress signifikan. Justru mereka fokus di sektor elektronik dan setelan yang ternyata bekerja baik di Silverstone.

“Masalahnya biasa. Selalu ada kemerosotan di akhir lomba dan itu mulai aku rasakan lima lap terakhir. Aku terpaksa harus melambat beberapa sepersepuluh dan itu cukup buat Dovi dan Vinales untuk menyusul,” paparnya. Ada yang menunjuk faktor usia Rossi, tapi itu tidak digubrisnya.

Dan Rossi pun langsung menunjuk Dovi dan Marquez sebagai calon kuat juara dunia. Akhirnya, Rossi pun gagal memeriahkan penampilan ke-300 dengan kemenangan di Silverstone. Lalu apa dong?  Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-silverstone-inggris-25-27-agustus-2017-moto3-dan-moto2/

BAGIKAN